Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

Aplikasi Klik Toko Bantu Mitra Bisnis Dongkrak Penjualan Coca Cola

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia telah meluncurkan aplikasi progam loyalitas “Klik Toko” pada 28 Mei 2021 lalu. Aplikasi ini dirancang sebagai solusi digital terintegrasi bagi seluruh mitra Business-to-Business (B2B) dari CCEP di Indonesia. Aplikasi Klik Toko menghadirkan kemudahan komunikasi secara real time serta dapat diakses kapan saja melalui smartphone mereka.

Untuk membahas lebih jauh keberadaan aplikasi tersebut, jurnalis Marketing.co.id dan beberapa jurnalis dari media lain berkesempatan melakukan mewawancarai secara virtual dengan Lakshman Peiris, Director Marketing Coca Cola Europacific Partners Indonesia. Berikut petikannya:

Berapa daerah yang sudah terjangkau untuk program Aplikasi Klik Toko?

CCEP Indonesia saat ini memiliki lebih dari 200.000 customer yang telah berpartisipasi dalam berbagai program yang sedang kami jalankan.  Pada fase pertama kami menargetkan download rate mencapai 50.000, namun dari pertama kali CCEP Indonesia meluncurkan aplikasi Klik Toko hingga saat ini, kami

telah mencapai sekitar 39,000 customer yang telah berhasil mengunduh aplikasi Klik Toko dari seluruh Indonesia, terkecuali PUMA (Papua dan Maluku).

Apa saja kendala bagi mitra B2B CCEP dalam melakukan akses aplikasi Klik Toko di Indonesia?

Menurut survei yang telah kami lakukan, masih terdapat sekitar 27% dari customer yang belum memiliki smartphone, sehingga customer tersebut belum dapat mengakses aplikasi Klik Toko pada saat ini. Namun mereka tetap dapat berpartisipasi melalui program-program lainnya seperti eform yang akan diarahkan oleh sales representative CCEP pada saat melakukan kunjungan ke outlet-outlet customer tersebut.

Baca juga: Dampak Pandemi Terhadap Distributor FMCG dan Cara Mengatasinya

Apakah dengan kehadiran dari aplikasi Klik Toko merupakan upaya dalam mendongkrak penjualan produk berkarbonasi milik CCEP?

Sehubungan dengan kinerja, aplikasi Klik Toko sendiri mencakup keseluruhan merek  yang berada dibawah CCEP Indonesia. Tidak hanya membantu kinerja sales diminuman berkarbonasi namun juga seluruh merek produk minuman yang kami naungi seperti pada segmen teh, jus, serta air mineral.

Aplikasi Klik Toko ditujukan untuk membantu tim sales kami dalam meningkatkan kinerja penjualan dari berbagai portofolio merek yang kami miliki, dan tentunya berperan penting sebagai media dalam mempererat hubungan lebih dekat dengan seluruh customer yang telah terjalin baik selama ini.

Melalui aplikasi ini, customer dapat menerima informasi secara real time mengenai program-program terbaru dari CCEP serta customer yang berpartisipasi dalam aplikasi ini tentunya memiliki kesempatan mendapartkan poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.

Berapa sales target dari program aplikasi Klik Toko?

Aplikasi Klik Toko tidak secara langsung berhubungan dengan pencapaian target CCEP Indonesia, namun memang aplikasi ini di kembangkan untuk menjadi media atau dukungan bagi tim sales kami dalam meningkatkan engagement dengan customer CCEP di seluruh Indonesia.

Baca juga: Merek FMCG Raksasa yang Kuasai Kategori Perlengkapan Rumah di Dagang-el

Terkait penyelenggaraan Euro 2020 dimana terdapat aksi Cristiano Ronaldo yang berkaitan dengan Coca-Cola, apakah ada pengaruh atau dampak terhadap CCEP di Indonesia?

Kami memahami bahwa peristiwa tersebut cukup hangat di media sosial, namun kami dapat menginformasikan, bahwa bisnis CCEP Indonesia tetap berjalan secara normal. CCEP Indonesia sedang berfokus untuk melanjutkan performa kami yang sudah baik dan berupaya untuk terus meningkatkan performa tersebut hingga akhir tahun.

Apakah di negara lain atau di Asia Tenggara sudah terdapat aplikasi Klik Toko?

Indonesia merupakan negara pertama yang menginisiasikan aplikasi Klik Toko dari CCEP secara grup, dan sejauh ini belum terdapat pada negara lainnya. Aplikasi Klik Toko ini dihadirkan berdasarkan riset serta menyesuaikan dengan situasi pasar yang ada di Indonesia, sehingga kami percaya CCEP di negara lainnya memiliki caranya sendiri untuk menyesuaikan dengan situasi yang dibutuhkan di pasar negara masing-masing.

Wahyoo - Amatil Indonesia

Kadir Gunduz, Presiden Director Coca-Cola Amatil Indonesia (baju merah) dan Peter Shearer sebagai Chief Executive Officer (CEO) Wahyoo.

 

Apa saja yang akan didapatkan oleh mitra B2B untuk program Aplikasi Klik Toko?

Terdapat berbagai hadiah dan reward yang kami tawarkan berdasarkan dari program – program loyalty yang saat ini sedang berjalan. Bahkan, hadiah tersebut terkadang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing customer seperti alat-alat elektronik; TV, smartphone, tablet, maupun peralatan rumah tangga lainnya.

Sebagai brand, Coca-Cola beberapa kali telah bermitra dengan berbagai event internasional seperti English Premier League, dimana kami mengajak beberapa wholesaler untuk berpartisipasi untuk menonton langsung pada pertandingan tersebut, tentunya semua biaya dan akomodasi ditanggung oleh CCEP Indonesia.

Coca-Cola pun menjadi salah satu sponsor dari Olympic  (di Tokyo, Jepang), namun karena adanya perubahan situasi saat ini, kami mengalokasikan reward – reward tersebut menjadi bentuk lain yang tidak kalah menariknya dan disesuaikan Kembali dengan program – program loyalty yang sedang berjalan.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top