Aplikasi Game dan Hiburan Tumbuh Paling Tinggi dan Cepat

Dengan laporan pertumbuhan aplikasi ini pemasar dapat menargetkan dan mempertahankan pengguna bernilai tinggi untuk berbagai kategori aplikasi dalam app economy.

Marketing.co.id – Berita Digital | Adjust platform pemasaran aplikasi global, menerbitkan laporan pertumbuhan aplikasi seluler yang kedua melalui kerja sama dengan Facebook.

Memetakan pertumbuhan aplikasi dan tren retensi di tahun 2020, laporan ini menunjukkan bahwa app economy tetap luar biasa tangguh, kawasan APAC, MENA dan Amerika Selatan mengalami pertumbuhan paling tinggi.

Game menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat di dunia, Argentina memimpin dalam hal ini, sementara India menempati peringkat teratas sebagai kawasan dengan tingkat pertumbuhan tercepat.

“Pemasar seluler kini semakin membutuhkan roadmap untuk mengidentifikasi pengguna yang tepat, di lokasi yang tepat, pada saat yang tepat dalam perjalanan pengguna,” kata Andrey Kazakov, Chief Operations Officer Adjust. “Dengan data Adjust, ditambah dengan informasi Facebook tentang preferensi dan aksi pengguna, pemasar dapat menargetkan dan mempertahankan pengguna bernilai tinggi.”

Hal-hal utama tentang kategori aplikasi dan kawasan yang menonjol adalah:

  • Aplikasi game unggul di tingkat global: Melanjutkan hasil temuan dalam laporan Tren Aplikasi SelalerAdjust tahun lalu, aplikasi game menjadi kategori yang menempati peringkat teratas tahun ini. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model bisnis inovatif seperti game hiperkasual, games yang dapat langsung dimainkan serta dirancang dengan mekanika yang sederhana dan memuaskan.
  • Amerika Latin mendominasi kategori game, peningkatan aksesibilitas dan pertumbuhan populasi perkotaan mendorong perkembangan seluler yang cepat. Tiga dari lima negara teratas untuk kategori game berasal dari Amerika Latin dan Argentina memimpin. Vietnam, Brasil, Tiongkok dan Meksiko juga menempati lima peringkat teratas.
  • India memiliki tingkat pertumbuhan tercepat, dengan penetrasi seluler yang senantiasa meningkat. Pendidikan menjadi kategori aplikasi dengan tingkat pertumbuhan tercepat, dan kategori Hiburan perlu dipantau karena persaingan akan semakin ketat dengan adanya aplikasi streaming dan media Over The Top (OTT).
  • Aplikasi hiburan bertumbuh dengan pesat, dan subscription perlu dipantau. Menurut penelitian yang dilakukan Adjust, sekitar 80% dari 225 aplikasi paling populer di Google Play Store dan 50% dari 225 aplikasi paling populer di App Store berbasis langganan.
  • Korea dan Vietnam menempati peringkat teratas untuk ecommerce, sebagai dua negara dengan tingkat pertumbuhan tercepat untuk mobile-first commerce. Secara khusus, aplikasi Vietnam masih memiliki banyak ruang untuk berkembang, dengan memanfaatkan pasar berisi konsumen yang antusias namun belum berhasil dijangkau. Tiongkok, Mesir dan Kolombia juga memiliki kinerja yang kuat di sektor ecommerce.

Dilengkapi dengan informasi ini, kini pemasar dapat merancang strategi yang efektif di negara yang paling tepat untuk mengembangkan aplikasi mereka dengan sukses. Yang lebih penting, pemasar dapat menciptakan pengalaman pengguna yang hyper targeted dan dipersonalisasi.

“Aplikasi seluler adalah bisnis global. Mudah untuk dimulai karena hambatan masuk yang rendah, tetapi juga mudah untuk gagal jika Anda tidak memahami pasar dan pengguna dengan baik,” kata Bryan Wang, Direktur Marketing Sains, Tiongkok Raya & Gaming di Facebook. “Data dan wawasan dalam Laporan Pertumbuhan Aplikasi Seluler dapat membantu pengiklan aplikasi dalam mengidentifikasi strategi untuk memasuki pasar baru dan menyusun taktik sukses secara efektif.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.