Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Apakah Anda Sudah Cukup Matang Untuk Mengelola Bisnis?

Marketing.co.id – Artikel Marketing | Tahukah Anda, bahwa yang sering menghancurkan sebuah bisnis adalah karakter pemimpinnya sendiri? Kematangan karakter dan keahlian seorang pemimpin sangatlah penting untuk menentukan keberhasilan sebuah usaha. Apalagi jika usaha tersebut masih baru atau tergolong skala UMKM, yang masih sangat bergantung kepada pemimpinnya. Jika Anda meremehkan karakter, maka jangan kaget jika menemui masalah di dalam bisnis.

leadership mengelola bisnis

Karakter pertama yang wajib dimiliki adalah setia melakukan setiap pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, baik itu kepada customer, suplier, investor, atau karyawan. Jika Anda bekerja dengan setia dan penuh tanggung jawab, Anda akan dihormati dan berkesempatan mendapat peluang yang lebih besar.

Baca juga: Pemimpin Sejati Selalu Ahli Dalam Marketing

Sebaliknya jika Anda dinilai tidak fokus atau kurang berkomitmen, maka orang cenderung takut untuk memberikan kepercayaan kepada Anda. Maka fokuskanlah waktu Anda untuk membangun karakter yang setia dan penuh tanggung jawab, agar orang benar-benar puas dengan pekerjaan Anda, dan mau bekerja sama untuk jangka panjang.

Karakter kedua yang harus dimiliki adalah kerendahan hati dan ketulusan. Jika Anda terlalu banyak berbicara dan kurang mendengar, calon customer akan merasa tidak nyaman dan lebih memilih untuk membeli dari pesaing. Tentunya jika hal itu terjadi, rejeki Anda pun akan berkurang. Sebelum hal ini terjadi, bangunlah karakter yang tulus, yang ingin sungguh-sungguh mengenal customer Anda. Sehingga ketika waktunya tampil, customer Anda akan terpikat dengan karakter Anda yang sungguh-sungguh peduli dan tulus mendengarkan mereka.

Pengalaman pribadi saya ketika masih menjadi sales, saya berhasil mendapatkan proyek besar hanya karena saya merendahkan hati untuk tulus membangun persahabatan dengan orang asing,  yang kebetulan bertemu di gym, tempat di mana saya tidak menyangka akan bertemu dengan calon customer.

Membangun karakter tidak mungkin bisa sempurna, namun jangan biarkan karakter atau kebiasaan Anda yang buruk menjadi “deal breaker” dalam bisnis Anda. Jika karakter Anda sebagai pemimpin sudah cukup matang, maka tindakan dan keputusan yang Anda ambil dalam bisnis pun akan cenderung tepat, dan akan membuka peluang yang semakin besar untuk Anda maju.

Penulis: Edwin Lucas, entrepreneur dan writer. Instagram @3d_w1n

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top