Pada 25 Juli 2015, Blibli.com genap berusia 4 tahun. Usia empat tahun belum rentang yang panjang, tapi Blibli.com merasakan sejumlah pencapaian yang luar biasa.
Kusumo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com merasa bahagia ikut merasakan dinamika e-commerce tanah air yang bertumbuh pesat pada beberapa tahun ini.
Setelah empat tahun berdiri, Blibli.com mengalami peningkatan partner merchant, perbankan, dan logistik maupun animo pengunjung.
Pada semester pertama tahun 2015, Blibli.com menyediakan 11 Kategori, menawarkan lebih dari 350.000 produk dari 6.000 merek, bermitra dengan lebih dari 2.500 merchant partner dan 15 bank.
Padahal, tahun 2011 – awal berdiri – Blibli.com hanya menawarkan 5.000 produk, mempunyai 30 merchant partner dan dukungan dua mitra perbankan saja.
Kini, Blibli.com mendapat lebih dari 1 juta kunjungan per hari, di mana lebih dari 55% merupakan returning visitors. Pelanggan setianya tidak hanya datang dari Pulau Jawa, tapi sudah merambah ke Sumatra, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.
Saat ini Blibli.com sudah memiliki customer base di 34 provinsi, dengan kata lain telah melayani di seluruh Indonesia.
“Kami menjadi satu-satunya e-commerce di Indonesia yang memberikan fasilitas free shipping ke seluruh Indonesia, dan melihat penyebaran konsumen yang semakin merata menunjukkan masyarakat semakin menikmati kemudahan fasilitas tersebut,” ujar Kusumo seperti dikutip dari siaran pers.
Inovasi dan Pengembangan Bisnis
Agar terlihat lebih dinamis, pertengahan tahun lalu, Blibli.com melakukan rebranding melalui penggantian logo dan mengubah slogan dari “Anytime, Anywhere Shopping” menjadi “Big Choices Big Deals”.
Logo dan slogan baru ini menunjukkan komitmen Blibli.com menawarkan banyak produk, tawaran menarik, dan layanan terbaik untuk memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan.
“Kami akan melakukan sejumlah inovasi dan pengembangan bisnis untuk mewujudkan pengalaman e-commerce terbaik agar memberi pengalaman hidup lebih baik kepada masyarakat Indonesia,” lanjut Kusumo.
Komitmen memberikan banyak tawaran produk diwujudkan melalui kerja sama strategis dengan pemilik brand internasional untuk menjadikan Blibli.com sebagai authorized online distribution channel dan new product launching platform.
Bahkan, beberapa brand internasional memilih menjadikan Blibli.com sebagai official online store seperti Nike Indonesia. “Kami masih akan terus menjalin kemitraan ini bersama pemilik brand internasional lainnya,” jelas Kusumo.
Sebagai mall online buatan bangsa Indonesia, Blibli.com juga peduli terhadap pengembangan produk lokal dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Menurut Kusumo, e-commerce bisa memperluas jangkauan calon pembeli potensial bagi para UKM tanpa mereka perlu mengeluarkan biaya besar untuk promosi atau jaringan toko.
Keseriusan Blibli.com terhadap pengembangan produk lokal dan UKM ini diperlihatkan dengan dibentuknya tim yang khusus menangani UKM. Saat ini telah ada lebih dari 1.000 UKM yang mulai bergabung.
Selain itu, untuk kemudahan distribusi barang ke berbagai wilayah, Blibli.com berencana membangun warehouse di 9 kota besar dan last-mile delivery station di berbagai kota untuk mempercepat pengiriman barang.
Di sisi lain karena memahami masyarakat di kota-kota besar semakin minim waktunya di rumah, Blibli.com bekerja sama dengan perusahaan logistik NEX Logistics dan 7-Eleven untuk Layanan NEX-KITA – Layanan Kirim, Titip, Ambil Pertama di Indonesia.
Blibli.com menjadi e-commerce pertama yang menerapkan sistem loker dalam pengiriman barang ke konsumen.
Menambah pilihan metode pembayaran juga menjadi prioritas agar konsumen semakin nyaman berbelanja. Selain nantinya bisa membayar barang pesanan di gerai convenience store, kini konsumen bisa menikmati fasilitas pembayaran via transfer ATM Payment BCA yang mencapai 16.700 gerai di seluruh Indonesia.
Di tahun keempat beroperasinya, Blibli juga terus meningkatkan user experience pada berbagai perangkat, terutama mobile. Melalui aplikasi, Blibli bisa melayani para pelanggannya hingga pelosok kabupaten. Lanjutkan membaca …
Editor: Putri Sekar