Portal Lengkap Dunia Marketing

Ad Madness

Apa Yang Pria Lihat Dari Kecantikan Wanita? Iklan Wacoal Menjawabnya

MBWacoalMasih ingat iklan Dove “Real Beauty Sketches”? Terlepas dari kritik dan berbagai pihak yang membuat parodi, iklan ini terbilang revolusioner dengan mengangkat tema self-esteem dan inner beauty dengan kemasan yang emosional. Saat itu tema iklan semacam itu masih awam di kalangan merek kosmetik yang umumnya menampilkan kecantikan fisik belaka. Tak pelak, iklan Dove tersebut berhasil menyentuh hati jutaan audiens dan menyabet penghargaan Grand Prix pada 2013 yang notabene penghargaan bergengsi bagi industri periklanan.

Sukses iklan Dove sepertinya menginspirasi produk wanita lainnya untuk mengangkat tema serupa. Wacoal, perusahaan pembuat pakaian dalam wanita asal Jepang ini mengambil tema kampanye serupa Dove melalui iklannya yang berjudul “Jane’s Secret”.

Iklan berdurasi 7 menit ini adalah salah satu dari tiga iklan yang dipersembahkan oleh Wacoal dalam kampanye bertema “My Beautiful Woman”. Jika Dove menampilkan kecantikan dari sudut pandang si pemilik wajah dan pembuat sketsa, maka Wacoal menampilkan inner beauty seorang wanita dari sudut pandang para pria tanpa embel-embel kecantikan fisik sama sekali.

Dalam iklan ini seorang pria menceritakan pengalaman hidup seorang gadis belia yang ia kenal bernama Jane yang berjuang menjadi seorang single mother sekaligus siswi di sekolah menengah atas. Di sela kesibukannya sebagai pelajar, Jane berusaha memberikan perhatian untuk putri kecilnya bernama June. Ia pun harus berjuang mengabaikan berbagai gosip tak enak tentang dirinya.

She is ordinary woman. Not so beautiful, nor outstanding. But the smile she has for June, makes me think that she is the most beautiful woman,” ujar narasi dalam iklan ini. Menjelang akhir iklan, penonton akan dibuat terkejut sekaligus menangis terharu dengan terungkapnya identitas June dan pengorbanan Jane untuk putri adopsinya itu. Wacoal mengklaim cerita dalam iklan ini adalah based on true story.

Selama iklan ini berlangsung merek pakaian dalam wanita ini tidak menampilkan produknya sama sekali, kecuali di penutupan iklan. Itu pun hanya logo mereknya sehingga tak sedikit penonton yang bertanya-tanya iklan apa ini dan siapa pembuat iklan ini.

Bisa dibilang Wacoal cukup sukses membuat penonton iklannya penasaran. Salah satu penonton mem-posting komentar di YouTube bahwa sebelumnya ia tak pernah mendengar merek Wacoal dan baru mengetahuinya dari iklan yang menyentuh ini.

Wacoal mungkin satu-satunya iklan pakaian dalam wanita yang menampilkan tema dengan pesan yang universal ini. Berbeda dengan iklan merek pakaian dalam seperti Victoria’s Secret misalnya, yang secara eksplisit menampilkan produk pakaian dalamnya dan mengekspos kemolekan tubuh wanita.

Walaupun pengaruh iklan ini terhadap penjualan produknya masih harus dikaji, tapi Wacoal membuktikan bahwa ketertarikan emosional melalui pesan iklan yang kuat dan kemasan yang tepat tak kalah menariknya di mata audiens dari iklan yang menampilkan produk dan kemolekan fisik.

http://www.youtube.com/watch?v=wPtOm9UXfnU

Sumber: Berbagai sumber

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top