Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Apa yang Membuat Para Pengusaha Susah Tidur?

Marketing.co.id- Menjadi pemilik sebuah bisnis ata pengusaha itu sangat menyenangkan sekaligus menantang.  Apakah Anda baru saja memulai sebuah bisnis atau sudah berjalan. Namun ada beberapa hal yang bisa membuat Anda stres dan susah tidur.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang sering di alami para pemilik bisnis:

Financial stress

Salah satu kekhawatiran terbesar yang akan membuat Anda susah tidur adalah masalah di mana dan bagaimana cara mengumpulkan uang untuk bisnis.

Stres Anda bahkan akan semakin bertambah jika Anda sadar bahwa Anda bisa kehilangan impian Anda untuk memulai atau menjalankan bisnis jika Anda tidak dapat mengamankan uang yang Anda butuhkan.

Masalah cashflow

Uang habis, dan Anda punya seribu satu kewajiban untuk memenuhi. Karena Anda harus membayar gaji karyawan, atau jika Anda meminjam modal dari bank, mereka datang meminta bayaran pinjaman Anda, plus anak Anda membutuhkan uang untuk sekolah. Sementara bisnis yang Anda jalankan belum menghasilkan.

Cashflow merupakan masalah nomor satu bagi para pemilik bisnis. Tanpa uang, bisnis Anda tidak akan beroperasi. Dan menunggu bank untuk menyetujui pinjaman Anda untuk menutupi semua kewajiban tersebut bisa sangat menegangkan, terutama dalam kondisi ekonomi sulit.

Beban kerja yang besar

Sebagai pemilik bisnis, cobalah untuk melakukan beberapa latihan kecil ini: membuat daftar rincian semua kegiatan dan tugas-tugas yang perlu dilakukan untuk mempertahankan bisnis agar berjalan lancar. Daftar ini tidak akan pernah berakhir melainkan akan terus berkembang seiring  bisnis Anda yang terus tumbuh.

Jika Anda tidak melakukannya, Anda akan kewalahan dengan semua hal yang harus Anda lakukan. Bahkan jika Anda lelah dan letih sekalipun, masih banyak hal yang harus Anda lakukan: pembukuan, menyelesaikan proyek-proyek dari klien, menulis artikel atau laporan, perencanaan bisnis, melakukan sosial marketing dan kegiatan lainnya. (Baca: Pentingnya menyusun rencana bisnis)

Tingkatan stres akan akan lebih besar lagi jika Anda menjalankan bisnis seorang diri. Karena, semua hal harus dilakukan sendiri. Hal ini akan menjadi masalah besar jika Anda masih memiliki pekerjaan tetap  sementara anda menjalankan bisnis sendiri. (Baca: prinsip dasar sebuah Bisnis sukses)

Pada akhirnya, Anda akan bertanya pada diri sendiri, :”bagaimana saya mengakhri jadwal yang melelahkan ini?” Apakah akan berakhir? Ya jika Anda memilih salah satu, apakah Anda akan tetap bekerja atau mengakhiri bisnis Anda?

Masalah SDM (Sumber Daya Manusia)

Memulai bisnis dan mengelola orang lain adalah dua keahlian yang berbeda. Mengelola karyawan, mitra dan kontraktor akan sangat menantang, dan ya, bisa menyebabkan Anda susah tidur.

Apakah yang akan Anda lakukan jika ada pekerja anda yang berselisih? (Cara menyelesaikan konflik antar karyawan)

Rencana langkah berikutnya

Memikirkan hal-hal yang perlu Anda lakukan berikutnya untuk bisnis Anda bahkan bisa membuat Anda susah tidur. Sebagian dari Anda bahkan berbaring terjaga berpikir tentang rencana untuk bisnis Anda? Atau tiba-tiba Anda tersentak bangun oleh pikiran atau ide tentang bisnis. Apakah proyek masa depan Anda tampak begitu cerah, atau terlihat suram, sulit untuk mematikan pikiran kita terhadap bisnis bahkan pada saat tidur sekalipun.

Pastikan Anda memiliki pena dan kertas dekat tempat tidur Anda sehingga Anda dapat langsung menuliskan pemikiran, ide dan rencana yang datang ke pikiran Anda ketika berada di tempat tidur.

CS|powerhomebiz

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top