Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Wednesday, September 3, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home DIGITAL & TECHNOLOGY Apa Itu Retail Engagement Analytics?
    • DIGITAL & TECHNOLOGY
    • PROPERTY & RETAIL

    Apa Itu Retail Engagement Analytics?

    By
    Cecep Supriadi
    -
    September 15, 2016
    1
    [Reading Time Estimation: 2 minutes]

    Marketingcoid – Hari ini (15/9) Fujitsu mengumumkan kehadiran solusi mutakhir Retail Engagement Analytics (REA).  Dirancang sedemikian rupa sehingga REA mampu menghadirkan analitik dan insight setara dengan kelas e-commerce.

    Apa itu Retail Engagement Analytics?REA dilengkapi dengan kemampuan untuk melacak, menampung serta menganalisis data pola perilaku belanja, pelibatan, serta pengalaman masing-masing pelanggan yang berguna sebagai acuan bagi peritel dalam melakukan strategi bisnis secara proaktif selanjutnya.

    REA – merupakan bagian dari konsep Fujitsu Connected Retail yang fokus untuk mendekatkan peritel dengan pelanggan mereka – mengumpulkan serta menganalisis beragam data yang relevan bagi para peritel, dikustomisasikan untuk pola dan perilaku belanja di masing-masing toko, lokasi, serta waktu siang/malam hari.

    Dari data tersebut kemudian akan disajikan insight melalui dashboard REA secara real-time, sehingga bisa menjadi masukan yang berguna bagi para peritel untuk mengoptimalkan pengalaman berbelanja bagi para pelanggan mereka.

     Solusi REA ini dikembangkan berdasarkan sumber-sumber data teragregasi, termasuk dari Wi-Fi access points dan informasi enterprise dalam toko, seperti data transaksi yang dilakukan melalui point of sale (PoS) serta data eksternal lainnya, meliputi data cuaca dan demografi di wilayah lokal dan lain-lain.

    REA kemudian akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang didasarkan pada data tersebut, sehingga dapat membantu peritel meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja di toko mereka dengan mengoptimalkan seluruh elemen di dalam toko itu sendiri, seperti desain layout susunan dagangan di toko yang kemudian berpengaruh pada pola penugasan setiap karyawan dari data kedatangan pelanggan.

    Tidak hanya itu, REA juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyelami bagaimana perilaku pembeli secara detil dan kemampuan ini biasanya hanya dimiliki pada layanan online vendor, seperti mendata dan menghitung jumlah visit per periode waktu tertentu, volume pengunjung berdasarkan zonasi, memantau arus pengunjung serta pengunjung yang kembali lagi berbelanja.

    Semuanya bisa dipantau, ditelusuri, divisualisasikan dan dinomitor dengan sempurna oleh solusi ini.

    REA juga mampu mendukung peritel yang memiliki model bisnis ‘brick and mortar’ untuk mencacah dan mengintegrasikan data lokasi ke aplikasi mobile untuk menyebarkan promosi dari masing-masing yang sifatnya lebih personal kepada setiap pelanggan.

    • TAGS
    • featured
    • Fujitsu Connected Retail
    • rea
    • Retail Engagement Analytics
    Previous articleIIMS 2017 Dipastikan Tampil Beda dan Lebih Menarik!
    Next articleBhinneka dan LKPP Sosialisasikan E-Katalog di Bali
    Cecep Supriadi
    Cecep Supriadi
    https://marketing.co.id/
    Facebook

    1 COMMENT

    1. andi andi September 16, 2016 At 14:01

      menarik nih, boleh dicoba???

      Log in to leave a comment

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi AGUSTUS 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • Kena Tipu Digital Lebih Horor dari Cerita-cerita Horor September 2, 2025
    • MPMX Berpartisipasi di Sirkuit Nasional Padel 2025 September 2, 2025
    • Festival Pelanggan Serba Untung di Hari Pelanggan Nasional 2025 September 2, 2025
    • Logiframe, Perjalanan Sang Pelopor Cloud Accounting di Indonesia September 2, 2025
    • AZKO Dapat Kado Istimewa Jelang Hari Pelanggan Nasional 2025 September 2, 2025
    • Ini Cara Baru Cloudfare Amankan Data AI September 2, 2025
    • #ThinkCustomer, Laboratorium Klinik Bio Medika Tumbuh Bersama Pelanggan September 2, 2025
    • Melalui LazMom Lazada Bertekad Berantas Produk Palsu di Kategori Ibu & Bayi September 1, 2025
    • Antisipasi Dampak Gelombang Demo di Berbagai Kota, Grab Lindungi Mitranya dengan GERCEP September 1, 2025
    • Jawab Keresahan Pekerja Soal Biaya Hidup: Perusahaan Perlu Meninjau Ulang Paket Kompensasi September 1, 2025

    EDITOR PICKS

    Syngenta Indonesia Luncurkan Buku Panduan & Drone Learning Center untuk Petani

    August 30, 2025

    PINTU Hadirkan Crypto Museum Pertama di Indonesia dalam Coinfest Asia 2025

    August 28, 2025

    Anak Usaha Taspen Gandeng Cove, Rambah Pasar Co-Living Indonesia

    August 28, 2025

    POPULAR POSTS

    Blue Origin Group Buka Toko OH!SOME & FuniFun!

    August 28, 2025

    Hari Pelanggan Nasional 2025, Momen Puncak Apresiasi dan Peningkatan Pelayanan

    August 29, 2025

    Pemerataan Internet Jadi Tantangan Besar Transformasi Digital

    August 28, 2025

    Free Download

    Edisi SEPTEMBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Facebook
    Instagram
    Twitter
    Youtube

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami