Portal Lengkap Dunia Marketing

BERITA

APA ITU RATE CARD?

Sebuah rate card adalah suatu dokumen yang disediakan oleh koran atau publikasi cetak lain yang menampilkan tarif periklanan perusahaan. Rate card juga menampilkan detail mengenai deadline, demografi, kebijakan, serta biaya tambahan atau persyaratan desain grafis bila ada. Semakin kecil publikasi, semakin sedikit pula informasi yang tersedia di rate card tersebut.

Beberapa perusahaan koran yang lebih besar mungkin mempunyai rate card sendiri untuk tipe atau jenis iklan tertentu. Disana tertera tarif-tarif yang dibagi-bagi sesuai dengan jenis-jenis iklan yang sudah dikelompokkan atau dikategorikan. Untuk iklan ritel dan tarif iklan nasional juga mungkin dibedakan.

Rate card bisa membantu peritel supaya bisa memahami berbagai ukuran iklan, diskon, dan jenis iklan lain yang ditawarkan. Ketika memilih koran atau media cetak, kita bisa menggunakan rate card untuk membandingkan tarif iklan berdasarkan sirkulasinya sebelum kita membeli space iklan.

Sebelum menempatkan sebuah iklan, pastikan kita mengerti persyaratan si publikasi terlebih dahulu. Dalam banyak kasus banyak terjadi konflik antara pesanan pemuatan dengan rate card. Jika demikian, rate card selalu menjadi acuan yang dianggap benar. Walaupun demikian, tidak berarti harga yang tercantum di rate card sudah fixed. Kebanyakan peritel menemukan sales iklan yang menawarkan tarif khusus bagi pengiklan pertama atau potongan harga lainnya.

Jika kita tertarik untuk memasang iklan pada suatu media cetak tertentu, coba cek situs mereka atau telepon bagian sales iklan untuk minta dikirimkan rate card mereka. Banyak koran dan majalah mempunyai rate card yang tersedia dalam format PDF.

Sumber:

Shari Waters, About.com Guide

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top