Antisipasi Dampak Gelombang Demo di Berbagai Kota, Grab Lindungi Mitranya dengan GERCEP

0
GERCEP Grab Respon Cepat
Tampilan Layanan LiveChat dalam HelpCenter.
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id –  Berita Marketing.co.id | Gelombang demontrasi di berbagai kota Indonesia dalam beberapa hari terakhir telah menimbulkan dinamika yang memengaruhi mobilitas dan keselamatan masyarakat. Menghadapi tantangan ini, Grab Indonesia akhir Agustus lalu memperkenalkan “GERCEP” Grab Respon Cepat, inisiatif darurat terpadu dengan 3 pilar utama untuk memastikan Mitra Pengemudi tetap terlindungi di tengah dinamika aksi penyampaian sikap di berbagai kota.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi Mitra sebagai garda terdepan layanan, sekaligus memperkuat sistem keamanan dan keselamatan seluruh ekosistem Grab.

Lebih dari sekadar melindungi Mitra Pengemudi, inisiatif ini lahir dari nilai kemanusiaan. Grab percaya bahwa di balik setiap helm, setiap mobil, dan setiap perjalanan, ada manusia dengan keluarga, harapan, dan kehidupan yang patut dijaga.

Dukungan medis, konseling psikologis, bantuan ekonomi, hingga pendampingan langsung di lapangan mencerminkan komitmen bahwa keselamatan dan martabat manusia selalu lebih utama daripada sekadar kelancaran layanan.

Sebelumnya, Grab telah memiliki Incident Response Team (IRT) dan Satgas (Satuan Tugas) yang difokuskan untuk menangani respon keamanan bagi Mitra Pengemudi. Namun, dalam situasi khusus seperti gelombang aksi demo, Grab menghadirkan kanal tambahan melalui GERCEP agar penanganan darurat dapat dipisahkan dari respon keamanan rutin. Dengan demikian, setiap laporan terkait keadaan darurat dapat ditangani lebih cepat, terstruktur, dan tidak tercampur dengan alur penanganan insiden keamanan sehari-hari.

GERCEP Grab Respon Cepat
Tampilan Layanan LiveChat dalam HelpCenter.

“Keselamatan dan dukungan untuk Mitra adalah prioritas utama Grab. Kehadiran “GERCEP” Grab Respon Cepat sebagai akses layanan bantuan tanggap darurat bagi dengan sistem terintegrasi bagi Mitra yang terdampak. Inisiatif sebagai bentuk nyata komitmen Grabuntuk selalu ada mendampingi Mitra di saat-saat paling sulit,” ujar Neneng Goenadi, Chief Executive Officer Grab Indonesia.

Tiga Pilar Utama Saluran Khusus Darurat

Mulai 2 September 2025 sampai pemberitahuan selanjutnya, Mitra di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan “GERCEP” Grab Respon Cepat ini melalui tiga kanal aksesibilitas:

Saluran Darurat Khusus: 021-2350-7032

  • Jalur telepon prioritas yang langsung menghubungkan Mitra dengan para agen yang terlatih menangani situasi tanggap darurat, serta didukung sistem antrean khusus.
  • Eskalasi cepat ke Tim Manajemen Krisis bila situasi membutuhkan tindak lanjut.

HelpCenter “Bantuan Tanggap Darurat”

  • Laman artikel khusus yang bisa diakses Mitra Grab.
  • Tersedia formulir pelaporan serta tombol “Hubungi Kami” untuk mengajukan bantuan. Link di sini to/gercep.

Layanan LiveChat dalam HelpCenter

  • Fitur obrolan instan yang memudahkan Mitra berkomunikasi langsung dengan para agen yang terlatih menangani situasi tanggap darurat.
  • Didukung agen LiveChat khusus dengan antrean prioritas.

Dukungan Menyeluruh di Balik Saluran Khusus

Grab menghadirkan ekosistem perlindungan terpadu yang meliputi:

  • Perlindungan Medis & Psikologis
    Semua biaya perawatan medis Mitra terdampak ditanggung penuh, termasuk biaya di luar asuransi/BPJS. Layanan konseling psikologis juga tersedia untuk membantu Mitra dan keluarga pulih dari trauma.
  • Kemudahan Operasional
    Kemudahan operasional saat demo mencakup mekanisme insentif yang lebih mudah meski terjadi banyak pembatalan order, serta kemudahan-kemudahan lainnya saat menjalankan order.
  • Pendampingan Lapangan
    Tim Satuan Tugas Grab (Satgas) yang berada di berbagai kota secara proaktif memberikan pendampingan langsung kepada Mitra di rumah sakit, menghubungi keluarga, memastikan kondisi Mitra termonitor dan komunikasi antar pihak serta memenuhi kebutuhan dasar. Berikut juga daftar informasi Rumah Sakit (RS) rekanan Grab yang bisa menjadi rujukan to/RSGrab.
  • Peringatan Lokasi Rawan via Aplikasi
    Sistem in-app notification akan memperingatkan Mitra terkait titik rawan massa sehingga dapat menghindari jalur berisiko.

Neneng menambahkan, “Kami ingin Mitra tahu bahwa mereka tidak pernah sendirian. Dengan tiga pilar utama saluran khusus darurat di GrabSupport, livechat, kemudahan operasional, hingga dukungan medis dan psikologis, Grab hadir sebagai keluarga besar yang selalu siap melindungi. Kami juga mengajak seluruh mitra dan keluarga besar Grab untuk tetap tenang, selalu mengutamakan keselamatan, saling menjaga dan menguatkan, serta aksi penyampaian sikap di berbagai daerah berjalan damai.”