Portal Lengkap Dunia Marketing

PR Hype

Antara PR dan Marketing di Dunia Digital

digital-marketing-prBanyak perusahaan mulai berusaha mengoptimalkan pemanfaatan dunia digital untuk menunjang kemajuan bisnisnya. Salah satu langkah yang ditempuh adalah memaksimalkan penggunaan media sosial.

Lalu siapa yang harus memegang akun media sosial tersebut? Jawabannya adalah PR dan marketing. Kedua divisi ini harus bisa seiring sejalan. Agar menghasilkan impact yang maksimal, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing yang harus dioptimalkan.

Tim PR memiliki keunggulan dalam penyampaian pesan. Cara menyampaikan pesan yang efektif, mengetahui bahan terbaik untuk dibicarakan, serta hal yang merangsang respon audiens dikuasai dengan sangat baik. Tapi apakah akan menjamin produk itu diminati?

Inilah yang kemudian menjadi tugas para marketing. Strategi dalam mempromosikan produk untuk misi meningkatkan penjualan menjadi kekuatan mereka yang berada di divisi marketing.

Lalu bagaimana caranya ?

 

Buka jalan untuk komunikasi

PR yang profesional akan membuka jalan untuk memulai komunikasi dengan bagian marketing. Tak perlu malu atau sungkan, karena ini demi perkembangan perusahaan dan karier Anda juga.

Share apa yang Anda inginkan

Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda inginkan jika tidak mengutarakannya. Tanyakan pada tim marketing apa yang cocok untuk diposting hari ini agar program antara PR dan marketing seirama. Anda juga bisa membantu pihak marketing untuk meramaikan promosi yang sedang mereka lakukan, begitu juga sebaliknya.

Mendengarkan

Sama halnya dengan Anda, pihak marketing juga ingin didengarkan ketika mengungkapkan apa yang diinginkan. Dan saat waktu itu tiba, Anda juga perlu memenuhi kebutuhannya, supaya kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik.

Satu visi

PR dan marketing memang berbeda divisi, tapi karena satu perusahaan, tentu meningkatkan nilai serta jumlah jual produk menjadi prioritas utama. Sebagai contoh, mengoptimalkan kesimpulan dari tim analisis website, atau meningkatkan traffic pasti diinginkan oleh kedua divisi.  

Jadi, sangat penting untuk membangun sinergi antara PR dengan marketing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top