Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Antara Pembuktian atau Peluang Karir, Ini Cerita Kenboo dan SherlinTsu Menjadi Seorang Live Streamer 

Belakangan ini profesi sebagai live streamer sangat diminati di komunitas esports karena pendapatannya yang menggiurkan. Dalam artikel ini Kenboo dan SherlinTsu membagikan pengalaman mereka menjalani profesi live streamer.

Marketing.co.id – Berita Marketing | UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar  bulanan pada Selasa (28/9) lalu. Mengusung topik yang sedang sangat diminati di komunitas  esports, yaitu profesi sebagai live streamer.

UNITY menghadirkan  Kenboo atau Christopher Kayne Nitiatmadja dan SherlinTsu. Keduanya saat ini dikenal sebagai live  streamer yang aktif di wadah live streaming yang berbeda. Sebagai eks pemain pro PUBGM, saat ini  Kenboo sudah banting setir menjadi full time live streamer. Sementara SherlinTsu lebih suka menjadi  live streamer secara independen yang secara aktif masih menyandang status sebagai pro-player,  influencer dan cosplayer. 

Bagi keduanya, memiliki track record di bidang esports sangat membantu saat memulai menjadi seorang  live streamer. Walaupun, bukan berarti mustahil bagi orang lain tanpa track record untuk dapat merintis  pekerjaan ini. Kenboo menyebutkan, kenalan dalam komunitas esports akan membantu mendapatkan  audiens, terutama di awal-awal melalui kolaborasi dengan sesama live streamer.

Bahkan menurut SherlinTsu, lebih mudah memasuki industri esports melalui jalur sebagai live streamer  ketimbang sebagai pro-player. Menurutnya, pro-player merupakan area yang sangat kompetitif,  sementara untuk menjadi live streamer, cukup memiliki gaya personal unik yang ditampilkan serta  kemampuan untuk menghibur orang, maka siapapun bisa menjadi seorang live streamer andal.

Berdasarkan pengalaman SherlinTsu, ada berbagai macam tipe live streamer, mulai dari  yang humoris, jago gameplay hingga menarik secara penampilan. Pada akhirnya, mereka semua tetap  harus dapat menghibur sesuai dengan audiens masing-masing.

Mengenai tren live streamer yang semakin marak diminati, keduanya setuju bahwa pendapatan di bidang  ini cukup menggiurkan. Kenboo juga menambahkan bahwa fleksibilitas dalam mengatur waktu kerja  merupakan poin plus lainnya. Meskipun begitu, SherlinTsu mewanti-wanti untuk tetap  memiliki back-up plan ketika memutuskan terjun ke bidang ini.

“Walaupun kalian streamer yang sudah sukses menghasilkan uang ratusan juta per bulan, perlu ada opsi  lain seperti bisnis, bikin produk baju dan yang lainnya. Streamer ini industri yang masih abu-abu. Agak  hati-hati juga karena bisa suatu waktu kamu naik banget dan dapat duit banyak, atau di satu waktu dikit.  Industri ini cukup risky untuk kalian yang menggantungkan karir sepenuhnya di sini. Sediakan back-up plan  sampai industri ini matang,” tambah SherlinTsu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top