Ambisi Makhtab Jadi Brand Busana Pria Muslim Modern No.1 di Indonesia

0
Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan co-founder Makhtab Intan Permatasari
[Ki-Ka] Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan co-founder Makhtab Intan Permatasari saat konferensi pers Grand Opening of Makhtab Gandaria City Store, Sabtu (20/7)
[Reading Time Estimation: 3 minutes]
Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan co-founder Makhtab Intan Permatasari
[Ki-Ka] Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan co-founder Makhtab Intan Permatasari saat konferensi pers Grand Opening of Makhtab Gandaria City Store, Sabtu (20/7)

Makhtab berambisi menggeser brand busana muslim luar negeri dan menjadi raja di negeri sendiri.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar busana muslim yang menggiurkan. Hal tersebut terlihat dari banyaknya brand muslim lokal yang menawarkan produk busana muslim di luar sana. Bahkan, saat ini produk busana muslim dari brand luar negeri pun terus membombadir pasar Indonesia.

Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa pun mengakui besarnya potensi pasar busana muslim di Indonesia. Terlebih, saat ini banyak orang-orang muslim yang mulai mempelajari ilmu agamanya. Mereka juga mulai ingin berpenampilan Syar’i.

“Kalau kami lihat jumlah orang yang mulai ngaji (belajar ilmu agama) dan ingin berpenampilan Syar’i itu jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. Kami rasakan sendiri, di mana setiap tahunnya omzet kami selalu naik 2-3 kali lipat,” ujar Rizky kepada Marketingcoid saat pembukaan Makhtab Store Gandaria City Jakarta, Sabtu (20/7).

Seiring dengan besarnya potensi pasar, persaingan bisnis busana muslim di Indonesia pun sangat ketat. Rizky mengatakan, pesaing Makhtab bukan hanya dari brand muslim lokal namun juga dari brand luar negeri. “Pesaing kami bukan hanya brand muslim Indonesia tapi juga brand luar negeri. Kami ingin menggeser dan mengambil pasar dari mereka. Makanya, kami terus berinovasi dan selalu up to date,” ucapnya.

Menurut Rizky, berkat inovasi dan selalu up to date mengikuti tren pasar, perkembangan bisnis Makhtab sangat bangus. Omzet makhtab selalu naik naik 2-3 kali lipat setiap tahunnya. Dengan pembukaan toko baru di Gandaria City ini, Rizky berharap, tahun ini omzet Makhtab bisa mencapai 2 kali liat, bahkan lebih.

“Dengan dibukanya toko baru ini jangkauan kami sekarang lebih luas lagi. Mudah-mudahan omzet kami bisa tumbuh di atas 2 kali lipat tahun ini,” ujar Rizky.

Sebagai pendatang baru, Rizky sadar betul banyak yang harus dilakukannya agar bisa terus bersaing dan bertahan di pasar busana muslim Indonesia yang super ketat. “Kami selalu up to date. Desain kami sangat banyak. Produk kami juga diproduksi sendiri sehingga kualitasnya terjamin. Kami benar-benar sangat menjaga kualitas demi kepuasan konsumen,” katanya.

“Keunggulan kami ada di kualitas bahan dan desain. Produk kami selain bisa digunakan untuk ibadah juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja, dan lainnya. Sebagai mantan pekerja penampilan itu sangat penting. Kalau bajunya tidak bagus dan rapi saya jadi tidak percaya diri. Makanya, saya ingin membuat pakaian muslim yang jika dipakai bisa membuat saya bangga. Selain jati diri kita sebagai muslim terlihat dari pakaian yang digunakan, kita juga bangga memakainya karena bajunya keren dan modis,” ungkapnya.

Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan Brand Ambassador Makhtab Teuku Wisnu
[Ki-Ka] Founder Makhtab Teuku Moh Rizky Rivolsa dan Brand Ambassador Makhtab Teuku Wisnu

Tunjuk Teuku Wisnu sebagai Brand Ambassador Makhtab

Untuk meningkatkan brand awarennes, Makhtab menggunakan brand ambassador. Rizky pun memilih Teuku Wisnu sebagai brand ambassador Makhtab karena dianggap paling sesuai dengan target pasar dan nilai-nilai yang dibawa brand Makhtab. Selain menggunakan brand ambassador, Rizky juga bekerja sama dengan banyak influencer.

Image Teuku Wisnu sangat pas dengan brand Makhtab. Dia seorang artis hijrah yang sekarang sangat dekat dengan komunitas-komunitas muslim. Teuku Wisnu adalah seorang profesional bisnis, cocoklah dengan target pasar kami,” jelas Rizy.

Rizky sangat berambisi membawa brand Makhtab ke kancah internasional. Oleh karena itu, Rizky sangat memperhatikan kualitas produk dan terus melakukan ekspansi pasar. Tahun ini Rizky berencana membuka 3 toko baru. “Tujuan kita adalah ingin menggeser brand-brand dari luar negeri. Kita harus menjadi raja di negeri sendiri. Target kami, dalam 5 tahun ke depan kami sudah menguasai pasar Indonesia. Setelah itu, kami akan melakukan ekspansi ke luar negeri” pungkas Rizky optimis.

Sejak kehadirannya pada 2020, saat ini Makhtab memiliki berbagai kategori produk, seperti jubah, kurta, kemeja, kemko, polo shirt, celana ankle, dan aksesoris. Produk Makhtab dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300.000 dengan target pasar konsumen laki-laki kelas menengah.

Setiap produk Makhtab didesain dengan potongan syar’i yang memperhatikan aurat bagian belakang, khususnya saat sujud atau ruku’ dalam shalat. Saat ini Makhtab juga memperluas pasarnya dengan menyediakan koleksi untuk pelanggan wanita dengan hadirnya Makhtab Ladies dan Musikana.