Amar Bank Gandeng Google Perkenalkan Senyumku

Marketing.co.id – Berdekatan dengan peresmian wilayah baru Google Cloud di Indonesia pada tanggal 24 Juni lalu, Amar Bank mengumumkan kerjasamanya dengan Google Cloud dalam memperkenalkan produk Senyumku sebagai digital-only bank pertama di Indonesia yang diluncurkan di Cloud. Teknologi cloud sendiri menjadi salah satu perkembangan teknologi yang digunakan pada sejumlah industri, termasuk perbankan dalam memperluas jangkauan bisnisnya.

Amar Bank Senyumku
Senyumku menjadi digital-only bank Indonesia pertama diluncurkan di Cloud.

Kolaborasi Amar Bank dan Google Cloud didukung oleh FIS Cloud dan Infofabrica, untuk memungkinkan Bank dalam memanfaatkan kecerdasan data analytics dan machine learning sehingga memberikan pengalaman nasabah yang dipersonalisasi dengan lebih cepat. Sebagai contoh, Senyumku memiliki kecerdasaan buatan untuk mengetahui kesehatan keuangan dan menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan nasabah. Aplikasi ini memberitahu nasabah akan pola pemasukan dan pengeluaran keuangan, dan mendorong mereka untuk membangun kebiasaan menabung.

Terkait kerjasamanya dengan Google, Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank mengungkapkan, “Kami mengapresiasi langkah Google dalam meluncurkan regional Google Cloud di Indonesia. Google Cloud menyediakan solusi Cloud terbaik untuk bisnis kami, mulai dari solusi cluster Kubernetes dengan Google Kubernetes Engine (GKE) yang memungkinkan kami dalam mengelola dan meningkatkan skala layanan dengan mudah dan efektif dari segi biaya.”

Ditambah dengan solusi Google Data Analytics dan AI yang menjadi kunci untuk memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik. Secara singkat, Google Cloud menawarkan tiga manfaat besar yaitu Skalabilitas, Keamanan, dan Kecerdasan artifisial bawaan. Dengan Google Cloud, memberikan penawaran unik untuk mengatasi kesenjangan di pasar melalui user experience yang unggul dan mendukung inklusi keuangan untuk semua.

Dia menambahkan, dengan kredibilitas Google dan standarisasi keamanan yang baik, Senyumku menjadi digital-only bank Indonesia pertama yang diluncurkan di Cloud dengan mengedepankan kecepatan dan keamanan. Adapun diferensiasi Senyumku dengan bank digital lainnya adalah dukungan dari AI (Artificial Intelligence) yang menggunakan kecerdasan dalam pengelolaan informasi sehingga dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan tabungannya. Hal ini memungkinkan Senyumku untuk responsif terhadap perilaku dinamis nasabah.

Aplikasi ini didesain secara khusus untuk mendorong masyarakat agar memiliki kebiasaan untuk menabung dengan perencanaan keuangan yang lebih baik. Dengan memberikan suku bunga menarik, Senyumku juga dirancang untuk memberikan informasi yang dipersonalisasi serta dapat bertindak sebagai pengingat dan penasihat keuangan pribadi bagi setiap nasabahnya.

Megawaty Khie, Country Director Google Cloud di Indonesia menambahkan, bahwa pelanggan ingin mengakses layanan perbankan semudah mungkin. Dengan adanya layanan Artificial Intelligence dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan personal. Hal ini tidak dapat dilakukan tanpa Cloud. Saat ini Senyumku hadir dalam versi Lite dengan fitur-fitur yang dapat dinikmati melalui empat langkah mudah yaitu validasi, registrasi, Electronic Know Your Customer (E-KYC), dan pembuatan akun.Ve

“Saat ini, Senyumku Lite sudah dapat diunduh melalui Playstore yang memudahkan nasabah untuk memonitor keuangan mereka, dimana dan kapan saja hanya melalui smartphone. Melalui Senyumku, kami berharap dapat membantu masyarakat agar lebih semangat dalam menabung guna meraih tujuan finansial yang ingin dicapai,” imbuh Head of Technology Amar Bank Kevin Kane.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.