Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Allegra, Mesin Kopi Murah dengan Fitur Komersil

ALLEGRA

Marketing.co.id – Berita Marketing | Mesin kopi menjadi ‘jantung’ dalam operasional kedai kopi. Pasalnya, penggunaan mesin kopi membuat proses pembuatan kopi menjadi lebih cepat, higienis dan menghasilkan minuman kopi dengan cita rasa tinggi.

Namun, untuk menghadirkan mesin kopi berkualitas, membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Tentunya hal ini memberatkan pemilik usaha kedai kopi, terutama para pelaku UKM.

Menyikapi kondisi tersebut, Toffin Indonesia, pemimpin pasar mesin kopi meluncurkan mesin kopi murah bermerek Allegra guna mendorong pertumbuhan industri kopi Tanah Air, khususnya membantu pemilik usaha mewujudkan bisnis kedai kopi pemula (coffee shop start-up).

Menurut Indah Novyanti, Sales Manager Toffin Indonesia, salah satu kendala seseorang untuk membangun bisnis kedai kopi adalah mahalnya sebuah harga mesin kopi. Banyak di antara mereka yang akhirnya mencari mesin murah dengan mengorbankan kualitas.

“Allegra adalah sebuah jawaban akan produk yang murah tapi memiliki fitur yang komersil,” ujarnya.

Allegra terdiri dari tiga tipe  yakni Allegra Uno. Mesin satu grup ini memiliki heat exchanger boiler, yang memudahkan barista untuk menjadi multitalenta saat bekerja. Dengan pump vibration dan water tank 3 liter, mesin kopi ini cocok untuk mereka yang ingin membangun kedai kopi berkonsep to-go atau minimalis.

Jika dibandingkan dengan mesin espresso dengan harga di bawahnya, Allegra Uno memiliki kualitas mesin yang sangat jauh di atasnya. Sementara dengan mesin espresso yang ada di atasnya, Allegra Uno justru memiliki spek yang setara dengan harga yang lebih ramah. Allegra Uno dibandrol dengan harga Rp19 juta dan mampu membuat kopi lebih dari 50 gelas selama 12 jam operasional.

Selanjutnya Allegra Doppia. Mesin yang dibanderol seharga Rp33,5 juta ini memiliki teknologi pre-infusion, brewing system volumetric dan pump rotary, serta dilengkapi dengan double boiler sehingga kualitas espresso tetap terjaga. Dengan bentuk yang minimalis dan hemat tempat, mesin espresso ini bisa muat di mana saja serta mampu membuat kopi lebih banyak.

Sementara Allegra Lyra yang menjadi tipe tertinggi dari Allegra, memiliki keunggulan emergency button, serta lampu di kedua sisi yang bisa membuat mesin espresso terlihat elegan serta mewah. Allegra Lyra menjadi andalan coffee shop specialty yang butuh mesin kopi terjangkau tapi dengan penampilan yang di atas mesin sekelasnya.

Indah mengklaim, ada empat keuntungan lainnya yang didapatkan apabila memilih mesin Allegra. Pertama, mesin ini dibuat di Italia yang terkenal akan kualitas mesin kopinya. Kedua, adanya jaminan garansi dan suku cadang selama satu tahun dari Toffin. Ketiga, pemilik usaha akan mendapatkan pelatihan barista dan pengembangan menu secara gratis. Keempat, pemilik usaha juga berkesempatan mendapatkan harga spesial berupa paket bundling dengan mesin penggiling kopi.

Sementara itu, Viki Rahardja, seorang coffee influencer, menuturkan, mesin kopi murah mampu membangkitkan kembali geliat bisnis kedai kopi di Indonesia. Apalagi mesin-mesin ini juga memiliki penampilan yang menarik, sehingga pemilik usaha bisa mendapatkan performa terbaik secara rasa dan kualitas.

Dengan ukurannya yang minimalis, Allegra Uno dan Doppia cocok digunakan terutama untuk pemilik usaha yang ingin bergabung dengan cloud kitchen. Pemilik usaha bisa menjalankan bisnis tanpa mengandalkan gerai fisik. Mereka hanya perlu hadir di berbagai platform delivery online hingga e-commerce yang memiliki jaringan luas.

“Dimasa pandemi banyak kedai kopi yang mulai mengecangkan ikat pinggang untuk menekan biaya operasional. Mesin Allegra mampu menjadi alternatif pilihan untuk merintis usaha tanpa harus mengeluarkan biaya dan tempat yang besar,” ungkapnya.

Dilansir dari Grab Next, di tahun 2020 pemesanan kopi dan teh saat sarapan tumbuh 20%. Sementara kopi susu dan kopi susu gula aren jadi favorit di jam makan siang hingga sore. Kopi susu bahkan tetap menjadi minuman favorit di malam hari.

Berbagai minuman favorit ini bisa dikombinasikan dengan makanan pencuci mulut, makanan pembuka serta lauk tambahan untuk meningkatkan pemasukan kedai kopi.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top