Marketing.co.id – Alibaba Cloud, tulang punggung data intelijen Alibaba Group, kemaren mengumumkan akan menginvestasikan RMB2 miliar (US $ 283 juta) selama tahun fiskal ini untuk memberdayakan mitra global dan mempercepat inovasi bersama pasca- pandemi. Investasi ini bertujuan agar para mitra tidak tertinggal dalam digitalisasi dan menciptakan produk dan solusi bersama yang bermanfaat bagi lebih banyak pelanggan di semua sektor.
Bekerja sama dengan mitra global, Alibaba Cloud telah menghadirkan lebih dari 2.000 proyek cloudhybrid tahun lalu untuk membantu pelanggan mempercepat proses digitalisasi mereka, serta menghemat puluhan juta biaya operasional dan infrastruktur.
Agar pelanggan memiliki kemampuan holistik pasca migrasi, Alibaba Cloud juga menyelenggarakan lebih dari 3.000 kelas online dengan mitra di seluruh dunia, sehingga pelanggan dapat meningkatkan wawasan dan belajar dari berbagai kasus bisnis yang telah terbukti.
Lancelot Guo, VP of Alibaba Group and GM of Ecosystem and Sales Operations, Alibaba Cloud Intelligence menjelaskan, seiring dengan semakin luasnya rangkaian produk dan layanan Alibaba Cloud, perusahaan ingin memberikan lebih banyak peluang kepada mitra, sehingga dapat bersama- sama berinovasi untuk menghadirkan layanan paling mutakhir bagi pelanggan dan mendukung kesuksesan bisnis mereka.
“Investasi ini menunjukkan komitmen kami dalam membantu mitra mengintegrasikan bisnis mereka dengan teknologi Alibaba Cloud, dan bersama-sama memberikan nilai lebih untuk industri cloud global,” tutur Lancelot.
Alibaba Cloud bekerja dengan hampir 10.000 mitra global yang melayani lebih dari 350.000 pelanggan bisnis di seluruh dunia. Guna mewujudkan kesuksesan mitra, Alibaba Cloud banyak berinvestasi di penelitian dan pengembangan, yang memungkinkan mitra mengintegrasikan produk dan layanan mereka di platform infrastruktur milik Alibaba Cloud. Dengan demikian pelanggan mendapatkan keuntungan dari solusi bersama yang mempercepat implementasi.
Untuk mendukung inisiatif yang ‘akan di-padukan’, Alibaba Cloud bersama dengan mitra seperti MongoDB, Intel, VMware, Salesforce, SAP, Red Hat dan Fortinet, hingga saat ini telah menciptakan lebih dari 500 solusi bersama yang melayani beragam industri seperti ritel, fintech, manufaktur, media dan hiburan.
Ke depannya, Alibaba Cloud berharap dapat memperluas rekrutmen mitra ISV, MSP, SI; dan memanfaatkan inovasi dan kemampuan teknologi mereka untuk memperkaya platform yang ditawarkan untuk pelanggan.
Bersama mitra, Alibaba Cloud berkomitmen untuk lebih mendalami kebutuhan di bidang ritel, layanan keuangan, layanan kesehatan dan ilmu kehidupan, dan pendidikan agar dapat memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat. Alibaba Cloud juga akan meningkatkan insentif Go-To-Market (GTM) bagi mitra untuk memberikan tawaran dan inovasi terbaik bagi pelanggan guna mempercepat transformasi digital mereka.