Menjadi publik figur dan dikenal khalayak memang membawa banyak kemudahan bagi kehidupan Rio Dewanto. Berbekal wajah tampan dan kemampuan berakting, Rio mampu memikat hati para penonton. Pun demikian halnya dengan brand-brand yang ikut kepincut menggandeng Rio sebagai brand ambassador.
Tercatat sederet brand dari bermacam produk seperti Ponds, Suzuki, De Koffe, Telkomsel, dan Yamaha Vixion telah dia besut. Namun, pemuda yang merintis karier di dunia entertainment sejak delapan tahun silam ini sadar betul bahwa tidak bisa cuma mengandalkan paras tampan untuk bersaing di panggung hiburan.
Bagi Rio, sebagai seorang artis, positioning tentang dirinya yang melekat pada sebuah brand sangatlah penting. Bukan hanya agar mudah diingat oleh fansnya, melainkan juga merupakan nilai jual.
Tidak heran positioning yang dipilih tersebut menjadi landasan Rio dalam menyeleksi segala tawaran yang datang padanya. Mulai dari film, sinetron, sampai brand endorser, apabila tidak sesuai dengan kesehariannya enggan ia ambil.
“Positioning saya adalah menjadi diri saya sendiri, yang simpel dan sporty. Jadi, semua tawaran yang saya terima tidak akan jauh dari keseharian saya,” ujar Rio yang ditemui di sela syukuran film terbarunya Bulan di Atas Kuburan.
Untuk lebih memudahkan pekerjaannya meng-endorse, pria kelahiran 28 Agustus 1987 ini mengaku wajib mencoba semua produk atau brand yang akan dia komunikasikan kepada khalayak.
“Prinsip saya memang begitu. Brand apa pun yang saya bawakan, harus saya gunakan atau coba lebih dulu. Mulai dari sabun pencuci muka sampai motor. Jadi, saya benar-benar bisa merasakan experience sebagai user dari brand itu. Bukan sekadar lip service saja,” selorohnya.
Angelina Merlyana Ladjar
Fotografer : Lilyanti