Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Akomodir Kebutuhan Pelanggan

Tiket.com mengedepankan produk dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk membuat perjalanan mereka terasa mudah dan nyaman.  

Marketing.co.id – Berita Marketing | Pandemi telah mengubah strategi di banyak perusahaan, dimana mereka dituntut lebih inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan produk dan layanan baru yang memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggan.

Gaery Undarsa, Co-Founder and CMO Tiket.com. Foto: Istimewa.

Kondisi ini pun direspons Tiket.com sebagai online travel agent (OTA) yang memiliki misi to be the most customer centric OTA, dengan menghadirkan sejumlah fitur dan program yang mengakomodir kebutuhan dan pengalaman pelanggan (customer experience) saat perjalanan di masa pandemi.

“Tiket.com selalu melakukan segala inovasi baik dalam produk maupun fitur berdasarkan kebutuhan dari customer, di antaranya Tiket Clean, Tiket Flexi, Smart Refund dan Smart Reschedule,” sebut Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com.

Terdapat lebih dari 19.000 mitra di seluruh Indonesia yang sudah mengantongi Tiket Clean. Adanya label ini memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan sebab transportasi, akomodasi, dan atraksi sudah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan. Sedangkan fitur Tiket Flexi memberikan kemudahan atau fleksibilitas bagi pelanggan untuk menentukan tanggal menginap kapan saja, hingga satu tahun ke depan.

Guna melengkapi kebutuhan traveling customer di masa pandemi (travelessentials), Tiket.com bermitra dengan berbagai penyedia layanan tes Covid-19 dan meluncurkan fitur Tiket Free Protection.

Gaery menyebutkan, berdasarkan data Q1-2021, jumlah angka pengguna Tiket.com meningkat 299% atau setara 3 kali lipat semenjak Q2-2020 setelah pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

“Hal ini menandakan bahwa masyarakat Indonesia menggemari rangkaian fitur baru yang diluncurkan, jajaran promo yang digencarkan, serta semakin mempercayakan Tiket.com untuk segala perencanaan dan kebutuhan perjalanan mereka,” imbuhnya.

Inovasi lain yang dilakukan, Tiket.com menyikapi kebijakan larangan mudik 2021 yang ditetapkan pemerintah dengan meluncurkan fitur terbaru, yakni Tiket Homes. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memesan wisata staycation di lokasi dekat dengan tempat tinggal mereka di sejumlah kota, seperti Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, dan Bali. 

Layanan Multichannel

Sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan customer experience, Tiket.com menyediakan layanan customer care dengan aplikasi menjadi platform yang dominan untuk berinteraksi dengan pelanggan yang mencapai lebih dari 19 juta pengunduh.

Lewat menu My Order yang terdapat di aplikasi Tiket.com, pelanggan dapat secara mandiri melakukan refund dan reschedule tanpa perlu menelepon ke customer care. “Saat ini segmen pelanggan yang paling banyak dilayani adalah kebutuhan frequent individual traveler dan family leisure,” beber Gaery.

Tak hanya itu, sejak 2019, Tiket.com sudah memanfaatkan platform WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan sebagai channel baru di layanan customer care. Layanan ini membantu kebutuhan pelanggan secara optimal sehingga bisa lebih cepat dalam menjawab kebutuhan mereka.

“Tiket.com merupakan OTA pertama yang memiliki layanan WhatsApp untuk pelanggan, dengan layanan komunikasi dua arah. Tim customer care akan langsung menjawab pertanyaan dan memberikan informasi kepada pelanggan secara realtime,” ungkap Gaery.

Selain channel WhatsApp, customer care Tiket.com mempunyai channel layanan melalui telepon dan email, serta memanfaatkan kanal blog untuk menjadi jendela informasi mengenai kebijakan terkait perjalanan serta inspirasi liburan kepada seluruh pelanggannya.

Untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, Tiket.com pun telah memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan YouTube. Program Tiket Live menjadi salah satu cara Tiket.com dalam menyapa seluruh pelanggannya dan memberikan update mengenai promo yang sedang berlangsung.

Gaery menambahkan, meski seluruh produk di Tiket.com hanya dapat ditemukan dan dibeli secara online, pihaknya menyediakan pula layanan offline untuk berinteraksi dengan pelanggannya melalui kantor cabang empat kota besar di Indonesia, meliputi Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Surabaya.

Selain layanan offline Tiket.com, tersedia pula tiga kantor internasional di Kuala Lumpur, Singapura, dan Vancouver. “Kami memiliki lebih dari 980 karyawan yang tersebar di berbagai area baik lokal maupun regional,” ucapnya.

 #haripelanggannasional #haripelanggannasional2021

Moh. Agus Mahribi

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top