AirAsia Food Bakal Ramaikan Persaingan Layanan Pesan Antar Makanan di Indonesia

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

AirAsia Food
Photo credit: AirAsia Food

Marketing.co.id – Berita marketing | AirAsia Food dikabarkan akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Platform AirAsia Food ini merupakan unit bisnis layanan pesan antar produk kuliner milik Capital A (sebelumnya bernama AirAsia Group).
Sebagaimana dilansir oleh TechInAsia, Head-of E-Commerce AirAsia Super App Indonesia, Arbi Wienandar, menyatakan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra merchant pilihan untuk menyediakan berbagai penawaran khusus bagi konsumen.
Arbi mengklaim sudah ada ribuan pelaku usaha kuliner yang telah bergabung sebagai mitra AirAsia Food di Indonesia. Beberapa mitra merchant yang sudah bergabung dengan AirAsia Food, antara lain Shihlin, CFC, D’Crepes, Dapur Cokelat, dan sebagainya.
Untuk menjadi mitra, Airasia Food mengungkapkan bahwa perusahaannya melakukan proses seleksi bagi mitra merchant yang memiliki beberapa merek kuliner, cabang, atau franchise. Tujuan dari seleksi ini tentu untuk memberikan pilihan-pilhan yang terbaik bagi para pengguna apps nantinya. Proses seleksi ini dilakukan berdasarkan lokasi dan jenis kuliner dari calon mitra merchant tersebut.
Sebelum masuk ke Indonesia, AirAsia Food sudah lebih dulu diluncurkan di Malaysia pada bulan Mei 2020. Layanan pesan antar produk kuliner ini pun telah melakukan ekspansi ke berbagai kota besar di Malaysia, Thailand, dan Singapura.
Di Indonesia sendiri, sudah lebih dulu beroperasi sejumlah penyedia layanan pesan antar produk kuliner seperti Grabfood, Gofood, Shopee Food, hingga Traveloka Eats. AirAsia Food jelas harus bersaing keras dengan pemain-pemain lama tersebut.
Berdasar riset pasar dari Euromonitor International, gross merchandise value di Asia Tenggara diperkirakan mencapai US$28 miliar (sekitar Rp398 triliun) pada tahun 2025. Rupanya kue besar tersebutlah yang hendak diperebutkan oleh para pemain di sektor layanan pesan antar makanan ini.
AirAsia yang dulu cukup dikenal sebagai maskapai penerbangan, selama beberapa tahun terakhir memang gencar melakukan pivot bisnis mulai dari meluncurkan layanan ride-hailing yang berfokus pada mobilitas antar-jemput bandara bernama Airasia Ride, layanan pengiriman groceries bernama Airasia Fresh, hingga jasa pesan-antar makanan bernama Airasia Food.
Airasia juga mengumumkan perubahan nama menjadi Capital A. Dengan aksi rebranding ini, perusahaan asal Malaysia itu sekaligus menandai ekspansi bisnisnya dari maskapai penerbangan ke sektor logistik dan fintech. Namun  merek Airasia sendiri disebutkan akan tetap dipertahankan dalam layanan maskapai penerbangannya.
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here