Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT AIA FINANCIAL (AIA Indonesia), perusahaan asuransi jiwa terkemuka dan tepercaya, telah meluncurkan inisiatif ESG (Environment, Social, Governance) yang bertajuk “AIA Sehat Untuk Negeri”. Program inovatif ini merupakan bagian dari komitmen AIA Indonesia untuk mendukung tujuan global dalam mencapai emisi Net Zero gas rumah kaca (GRK) pada tahun 2050, serta mendukung Science Based Targets (SBTi), sebuah badan global yang mendorong perusahaan untuk menetapkan target pengurangan emisi berdasarkan perkembangan ilmiah terbaru.

Dalam kaitannya dengan populasi yang besar di kawasan Asia, termasuk Indonesia, yang berkontribusi terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca secara global, AIA Indonesia, sebagai bagian dari AIA Group, menyadari perannya dalam membawa perubahan positif. Dengan demikian, inisiatif ini bukan hanya komitmen internal perusahaan, tetapi juga merupakan upaya untuk memengaruhi perubahan di lingkungan eksternal.
Menurut World Health Organization (WHO), lima faktor utama dan lima penyakit tidak menular merupakan penyebab 74% kematian di dunia. Salah satu penyebab baru dari faktor ini adalah polusi udara dan kesehatan lingkungan. Presiden Direktur AIA Indonesia, Sainthan Satyamoorthy, menekankan bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab untuk melindungi ekosistem dan investasi yang dikembangkan agar dapat melawan risiko kesehatan baru, termasuk yang berasal dari lingkungan. Melalui “AIA Sehat Untuk Negeri”, AIA Indonesia mengartikulasikan komitmennya untuk mendukung Indonesia dan AIA Group dalam mencapai emisi Net Zero pada tahun 2050.
Program “AIA Sehat Untuk Negeri” fokus pada penerapan 5 pilar ESG AIA Group, yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan, Operasi Berkelanjutan, Sumber Daya Manusia dan Budaya, Investasi Berkelanjutan, serta Tata Kelola yang Efektif.
Salah satu langkah konkrit yang diambil AIA Indonesia adalah melalui pengembangan Clean Air Zone di kantor AIA, yang merupakan hasil kolaborasi dengan NAFAS Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya menghadirkan udara bersih, tetapi juga sejalan dengan pilar Kesehatan dan Kebudayaan, terutama dalam menjaga kesehatan karyawan. Langkah ini khususnya penting mengingat kondisi udara yang tidak sehat di beberapa wilayah Indonesia, terutama di Jakarta.
Pada acara AIA Sehat Untuk Negeri: ESG Day, berbagai aspek keberlanjutan AIA Group dan AIA Indonesia dipaparkan. Chief Marketing Officer AIA Indonesia, Kathryn Parapak, menekankan pentingnya memulai inisiatif keberlanjutan dari internal perusahaan.
Kathryn Parapak mengatakan, “Kami percaya bahwa inisiatif yang baik harus dimulai dari rumah, dalam hal ini dari internal perusahaan. Inisiatif AIA Sehat Untuk Negeri: ESG Day secara khusus bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan urgensi pada karyawan kami akan perlunya menciptakan lingkungan dan sosial yang lebih baik bagi semua orang.”
Melalui AIA Sehat Untuk Negeri: ESG Day, AIA menggambarkan pesan keberlanjutan, sekaligus menekankan pentingnya mengambil aksi dalam pelestarian lingkungan yang disajikan secara kreatif. Acara ini memperkenalkan pilar-pilar ESG, target dan pencapaian AIA, serta sharing session oleh Chief Marketing Officer AIA Indonesia Kathryn Parapak, Pendiri Yayasan BenihBaik.com Andy F. Noya, dan Pendiri Narasi Media Najwa Shihab.
AIA Indonesia juga mengintegrasikan strategi ESG dengan melibatkan nasabah, seperti melalui program AIA Vitality yang mendorong gaya hidup sehat. Dalam program ini, 73% anggota melaporkan kadar glukosa yang lebih baik, 63% melaporkan tekanan darah normal, dan 33% melaporkan kadar kolesterol yang lebih baik.
Selain itu, AIA Indonesia menunjukkan komitmennya pada keberlanjutan melalui divestasi batu bara dan investasi di sektor ramah lingkungan. Tindakan ini sejalan dengan upaya AIA Group dalam mendukung tujuan Net Zero dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.
AIA juga mengumumkan kemitraan dengan Yayasan BenihBaik.com melalui program penanaman pohon di 5 provinsi di Indonesia. Hal ini mencerminkan komitmen AIA dalam mendukung lingkungan dan masyarakat. Pendiri Yayasan BenihBaik.com, Andy F. Noya, menyambut baik kerja sama ini dan menyatakan harapannya bahwa kemitraan ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.
Melalui AIA Sehat Untuk Negeri, AIA Indonesia tidak hanya berkomitmen pada tujuan Net Zero AIA Group pada tahun 2050, tetapi juga mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan yang sejalan dengan visi perubahan positif di masyarakat. Sebagai salah satu entitas swasta yang berkontribusi pada keberlanjutan, AIA Indonesia mewakili semangat kolaborasi untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi semua.