Marketing.co.id – Berita Marketing | Salah satu tahapan penting sebelum perayaan Lebaran (Hari Raya Idul Fitri) yakni mudi. Mudik sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia. Setiap tahun jutaan masyarakat Indonesia melakukan mudik untuk merayakan Lebaran di Kampung halaman.
Kementerian Perhubungan memperkirakan sekitar 146,48 juta orang akan pulang ke kampung halamannya. Sebanyak 23% dari total pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi, dengan daerah asal terbanyak dari Jawa Barat, diikuti oleh Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.
Fenomena mudik sudah sejak lama dimanfaatkan oleh banyak Perusahaan atau brand untuk meraih cuan. Salah strateginya dengan memberikan diskon bagi para pemudik. Tak mau ketinggalan dengan Perusahaan lain, platform penyedia akomodasi online juga berlomba-lomba memberikan diskon secara jor-joran.
OYO mengumumkan diskon spesial hingga 75% untuk pemesanan selama musim libur Idul Fitri di Indonesia. Penawaran terbatas ini tersedia dalam dua tahap: Pre-Eid Sale dari 22 Maret hingga 26 Maret 2025 dan Eid Sale dari 27 Maret hingga 7 April 2025.
Hal yang sama dilakukan oleh RedDoorz yang menyediakan potongan harga mulai 30% hingga 80%. Diskon 30% berlaku bagi pemesanan 10-31 Maret untuk penggunaan dari 10 Maret hingga 6 April 2025. Sementara diskon 80% bisa didapatkan melalui flash sale yang bisa diikuti di RedDoorz NgabubuRED via TikTok LIVE pada tanggal 19-21 Maret 2025. Semua promo ini dapat digunakan langsung di aplikasi RedDoorz.
Hendro Tan, Country Supply and Operational Head OYO Indonesia, mengatakan Idul Fitri adalah momen kebersamaan yang dinanti-nanti. Dengan jutaan orang bepergian untuk berkumpul dengan keluarga, pihaknya ingin memastikan mereka memiliki akses ke akomodasi yang nyaman dan terjangkau.
“Diskon spesial ini bertujuan untuk meringankan biaya perjalanan sambil tetap memberikan pengalaman menginap berkualitas di seluruh Indonesia,” tutur Hendro.
Cut Nany Indriani, Head of Marketing RedDoorz menyatakan, tahun ini RedDoorz menjadikan #TemanMudik sebagai strategi utama, dengan memberikan kemudahan untuk pemudik dalam mendapatkan akomodasi yang nyaman dan terjangkau melalui aplikasi RedDoorz, dimanapun tujuan mudiknya.
“Mudik merupakan momen penting dalam rangkaian bulan Ramadan. Perjalanan jauh tentu bisa melelahkan, dan menemukan tempat istirahat yang nyaman seharusnya tidak menjadi kendala. RedDoorz tidak hanya menyediakan penginapan bagi pemudik yang ingin beristirahat di tengah perjalanan, tetapi juga menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan tempat menginap di kampung halaman,” ujar Nany.
Untuk kenyamaan kepada wisatatan, OYO konsisten menerapkan CHSE (Clean, Health, Safety, Environment dan Sustainability) dan inisiatif sanitized stay dan penerapan contactless check-in.
RedDoorz bersama dengan multi-brandnya seperti SANS dan URBANVIEW, menyasar pelanggan setia maupun baru dalam menyambut musim mudik, terutama yang mudik ke berbagai wilayah di Pulau Jawa. Tahun ini RedDoorz menargetkan pertumbuhan pemesanan sekitar 50%, jika dibandingkan dengan periode yang sama di musim mudik tahun lalu (YoY).