Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Adev Tawarkan Peluang Bisnis Maklon Kosmetik Bagi Kaum Milenial

Marketing – Dilansir dari situs Kemenperin, pada tahun 2018 pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia naik 15% dari tahun sebelumnya, kemudian meningkat lagi sebanyak 9% menjadi 29% di tahun 2019. Salah satu faktor peningkatan ini dipengaruhi oleh kemudahan memproduksi kosmetik milik sendiri – melalui fasilitasi yang disediakan oleh perusahaan jasa maklon.

Salah satu perusahaan maklon kosmetik yang mumpuni adalah PT Adev Natural Indonesia yang berdiri sejak 15 Januari 2007. Mengusung konsep “Back to Nature”, PT Adev Natural Indonesia memiliki keunggulan dalam membuat seluruh produk kosmetik dengan keamanan dan legalitas yang terjamin.

Diungkapkan Prof. Dr. IR Eriza Hambali MSi, Komisaris Utama PT. Adev, bahwa sebagai perusahaan jasa maklon, PT Adev Natural Indonesia sangat mendukung siapa saja yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri, terutama dari kalangan kaum milenial. Terlebih, jika melihat peluang industri kosmetik yang cukup besar, pasti tidak sedikit masyarakat yang tertarik.

Dia menambahkan, ada beberapa kemudahan dalam memproduksi kosmetik melalui perusahaan jasa maklon, diantaranya tidak perlu membangun pabrik sendiri; tidak perlu merekrut dan mengurusi karyawan atau SDM; efisien dalam biaya; tidak perlu repot mengurusi kelegalan produk; tidak perlu turun tangan langsung dalam proses produksi; dan dapat fokus dalam menyusun strategi pemasaran produk.

“Dalam berbisnis, seseorang harus pandai dalam membaca pasar agar dapat mengetahui produk yang sedang dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat. Kaum milenial dapat memulai bisnis kosmetik dengan memiliki produk-produk yang serupa dengan produk yang sedang booming,” imbuh dia.

Sedangkan untuk memulai maklon kosmetik, lanjut dia, di PT Adev Natural tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Modal awal yang dibutuhkan oleh konsumen kurang lebih Rp20 juta mulai dari proses pengembangan formula, proses produksi, desain kemasan, pengurusan kelegalitasan hingga pengiriman barang kepada konsumen.

Hingga saat ini, Adev sendiri sudah menangani maklon kosmetik sebanyak 200 merek. Namun, memang diakui Erliza bahwa 80% diantaranya masih didominasi oleh penjualan produk sabun transparan sebagai pendorong pertumbuhan omset Adev. Sedangkan kesuksesan maklon kosmetik sendiri datang dari tiga sekawan, yakni Raja Prima Ganda Lubis, M. Akbar Alatas, Ahmad Priatna, pemilik dari Cloris, brand produk-produk perawatan khusus pria. Brand yang didirikan pada Desember 2016 ini memiliki dua produk unggulan yakni sabun batang dan hand&body lotion yang keduanya berbahan dasar alami.

Sejak tahun kemunculannya, Cloris hanya dijual ekslusif di internet, melalui sosial media. Meskipun begitu, ternyata langkah tersebut menjadi strategi pemasaran yang dapat dikatakan sangat berhasil menarik minat masyarakat dan membuat produk Cloris terjual hampir ke seluruh daerah di Indonesia.

“Adapun lima keunggulan yang dapat menjadi alasan seseorang untuk memulai membuat produk kosmetik miliki sendiri bersama PT Adev Natural Indonesia, yakni tim PT Adev Natural Indonesia akan senantiasa memberikan respon yang cepat; pemberian sampel produk gratis hingga dua kali kesempatan revisi; formula produk yang telah teruji dan terpercaya memiliki khasiat; kelegalan yang terjamin; serta formula produk yang dalam disesuaikan dengan keinginan konsumen,” imbuh dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top