Mengenal Daun Ruku-Ruku Si Ratu Herbal

Daun ruku-ruku atau holy basil dipercaya dapat membantu manusia bangkit kembali lebih cepat ketika sistem kekebalan tubuh terganggu.

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Apakah Anda sudah mendengar daun ruku-ruku atau holy basil? Berasal dari sebagian wilayah India dan Asia Tenggara, daun ruku-ruku tumbuh subur dikelembapan tinggi dan curah hujan yang melimpah.

Di wilayah Indonesia, tanaman ini dapat Anda ditemui di daerah Sumatera, Sumbawa dan sekitarnya. Sekilas terlihat seperti kemangi, daun ruku-ruku adalah jenis tanaman dengan aroma dan rasa yang kuat.

Daun yang sering dijuluki sebagai ratu herbal ini telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Ayurveda karena dianggap sebagai tanaman suci dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan sebagai tonik untuk tubuh, pikiran dan jiwa. Baru-baru ini penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa ekstrak holy basil mendukung sistem imun tubuh, sistem pernapasan, dan dapat membantu meningkatkan respon positif terhadap stres.

Dikenal kaya akan vitamin A dan C, kalsium, zat besi, dan klorofil, holy basil merupakan tanaman herbal adaptogenik yang berarti membantu tubuh  “beradaptasi” terhadap perubahan, stres, atau paparan yang menantang tubuh. Daun ruku-ruku juga dapat membantu mendukung ketahanan dan peremajaan yang dapat membantu manusia bangkit kembali lebih cepat ketika sistem kekebalan tubuh terganggu.

dr Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam interventional pulmonologist menjelaskan bahwa sebagai immunomodulator, daun ruku-ruku yang juga sering dikenal dengan nama Tulsi dipercaya mampu mengoptimalkan sistem respon imun, memengaruhi sel imun spesifik, mendorong imunitas seluler; berkomunikasi dengan sel-T, dan mengarahkan sel-sel pembunuh alami (sel NK) serta meningkatkan aktivitas mereka ketika tiba saatnya secara langsung membunuh sel-sel yang terinfeksi.

“Daun ruku-ruku juga mampu menyeimbangkan produksi antibodi dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alami tubuh, atau yang disebut dengan immunitas bawaan,” katanya kepada awak media saat peluncuran Nutrilite I-Defense di Jakarta beberapa waktu lalu.

Manfaat daun ruku-ruku

Seperti yang dikatakan dr. Eric, daun ruku-ruku memiliki segudang manfaat di antaranya membantu mengurangi kadar lemak darah dan menjaga tekanan darah sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Daun Ruku-ruku juga memiliki sifat imunomodulator yang mampu mengoptimalkan respon sistem imun, menjaga keseimbangan produksi antibodi dan mengaktifkan mekanisme pertahanan alami (imunitas bawaan).

Tak hanya itu, daun ruku-ruku juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pernapasan yakni membantu meringankan penumpukkan lendir pernafasan, mencegah stres oksidatif pada sel di saluran pernapasan, dan bersifat antivirus.

Salah satu suplemen dan vitamin yang menjadikan daun ruku-ruku sebagai bahan utamanya adalah Nutrilite I-Defense. Suplemen keluaran Amway Indonesia ini terdiri dari 5 bahan alami yakni daun ruku-ruku, zinc, selenium, tembaga, dan citrus bioflavonoid yang efektif mengaktifkan dua respon imun manusia, imun bawaan dan adaptif.

Group Product Manager Amway Indonesia Febriani Rusli mengatakan, Nutrilite I-Defense dirancang untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan sistem pernafasan. Lebih penting lagi produk ini sangat bersahabat dengan vegetarian dan nyaman di lambung.

Lebih lanjut Febri menjelaskan, keunikan dari produk ini adalah daun ruku-ruku sebagai bahan baku utamanya ditaman, dipanen dan diproduksi di daerah pertanian organik yang tersertifikasi NutriCert dan diproses dengan metode yang dapat ditelusuri dari hulu ke hilir melalui 9 tahap yang dapat ditelusuri (traceability).

Sejak tahun 2019, Nutrilite telah mengembangkan fitur Traceability. Melalui fitur tersebut konsumen dapat melihat langsung seluruh proses produksi secara virtual dan realtime melalui situs www.asalnyajelas.nutrilite.co.id.

“Konsumen berhak tahu dari mana bahan baku berasal dan bagaimana diprosesnya hingga menjadi sebuah produk jadi,” tambah Head of Marketing and Communication Amway Indonesia Dharmaparayana S.

Baginya, transparansi seperti ini sangat penting. Melalui sistem penelusuran ini, Amway dapat mendemonstrasikan komitmennya dalam menjaga kelamian dan kualitas bahan baku utama produk Nitrilite. Sedangkan bagi konsumen, transparansi seperti ini berperan meyakinkan konsumen dalam membuat pilihan terbaik untuk dirinya dan keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here