Victor Rindanaung: Jurus Jitu Pemenang Marketing Award 2022

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Marketing Award 2022 | Setelah dua tahun kita menghadapi tahun penuh tantangan di dalam menjangkau pelanggan, saya melihat banyak sekali usaha yang dilakukan para marketer dalam penjurian Marketing Award tahun 2022 ini. Terutama dalam mempertahankan eksistensi brand di mata konsumen Indonesia. Hybrid communication menjadi suatu perubahan cukup mendasar yang dilakukan para marketer andal, bagaimana menggunakan semua channel baik offline maupun digital agar tetap bisa ada di hati para pelanggannya serta menarik minat calon pelanggan baru. Semua ini menjadi suatu hal yang sangat menentukan pengalaman yang bisa diberikan oleh setiap brand.

Victor Rindanaung, CEO Frontier Technology Indonesia. Foto: marketing.co.id/lialily.

Hybrid customer journey menjadi layanan fundamental, dengan semakin mempertajam experience di setiap touchpoint yang dimiliki para brand owner. Dimulai dari pengalaman dalam toko atau cabang ke channel digital atau sebaliknya, adalah suatu fundamental experience yang sudah saatnya dikelola secara simpel namun terintegrasi dengan baik di semua unit atau layanan usaha di perusahaan kita.

Untuk itu, para marketer sudah perlu memikirkan integrasi semua touchpoint yang dimiliki oleh brand, bagaimana pola responsiveness yang mudah dipahami pelanggan, serta bagaimana kelanjutan dari journey yang diharapkan terjadi sampai mencapai loyalitas pelanggan terhadap brand kita. Oleh sebab itu pemanfaatan teknologi yang tepat guna menjadi sesuatu yang sangat penting, karena tidak mungkin perusahaan melakukan hybrid marketing tanpa teknologi.

Dalam penjurian Marketing Award kali ini, saya melihat tren hybrid marketing menjadi sangat penting untuk memenangkan dompet pelanggan. Persaingan merebut pelanggan akan menjadi lebih mahal daripada biasanya, untuk itu diperlukan peranan teknologi guna mencapai titik ROI yang diinginkan. e-Mail marketing misalnya, tools ini membuat semua communication journey menjadi lebih murah. Selain karena biaya per e-mail yang sangat murah, teknologi e-mail pun sudah sangat maju saat ini sehingga bisa mencapai pelanggan dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Bagaimana e-mail bisa membuat konversi terhadap peningkatan penjualan menjadi sangat memungkinkan apabila diintegrasikan dengan semua touchpoint baik offline maupun digital, semuanya untuk konversi dan kepuasan pelanggan.

Selamat untuk para Pemenang Marketing Award 2022, dan tetap semangat bagi peserta lainnya, semoga di lain kesempatan bisa berkarya lebih baik lagi dan pelanggan dipuaskan.

Semangat!

Victor Rindanaung
CEO Frontier Technology

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here