Fuse Bantu Perusahaan Asuransi untuk Tekan Rasio Klaim

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Sejak lima tahun lalu, PT Asuransi Simas Insurtech mulai bekerja sama dengan startup insurtech Fuse. Di tahun 2020, Simas Insurtech memutuskan untuk memilih Fuse sebagai satu-satunya partner insurtech, yang dilabeli Fuse sebagai partner Titanium. Saat ini, Fuse telah menjadi partner penting karena memberikan kontribusi volume bisnis yang cukup besar bagi Simas Insurtech.

Ivan Sunandar COO Fuse
Ivan Sunandar, COO Fuse

“Di era ekonomi digital, kolaborasi dengan insurtech adalah pilihan bijak bagi kami. Kami tidak hanya menghemat biaya investasi teknologi kami, tetapi juga mencapai volume bisnis yang cukup besar dari kemitraan kami. Fuse membawa banyak ide dan konsep segar untuk produk asuransi baru, serta strategi untuk meningkatkan adopsi dan konversi,” ujar CEO Simas Insurtech Teguh Aria Djana, dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (4/7).

Teguh menambahkan, platform teknologi yang dikembangkan Fuse tergolong aman dan sangat terukur dalam mengelola asuransi secara spontan dan masif. Integrasi dan sinkronisasi data dapat dilakukan tanpa repot dan dengan cara yang cepat.

“Fuse memiliki teknologi big data yang bisa memetakan profil risiko sesuai portofolio yang ditentukan oleh Simas Insurtech. Pemanfaatan teknologi ini secara tidak langsung membantu Simas Insurtech meningkatkan volume penjualan asuransi kendaraan bermotor, dan di sisi lain menekan rasio klaim menjadi 25%,” ungkap Teguh.

Menanggapi hal ini, Co-founder dan Chief Operating Officer (COO) Fuse Ivan Sunandar mengatakan, “Kami punya komitmen untuk mengembangkan teknologi terbaru untuk mengaktifkan ekosistem asuransi, terutama partner terdekat kami seperti perusahaan asuransi. Itulah sebabnya kami meluncurkan program kemitraan Titanium Insurance pada tahun 2020, untuk bekerja sama dengan perusahaan asuransi dalam membawa lebih banyak inovasi, serta terus membantu mitra perusahaan asuransi kami untuk meningkatkan margin mereka.”

Menurut Ivan, mulai tahun ini Fuse mulai memanfaatkan teknologi datanya untuk menganalisis dan membantu mitra asuransi Titaniumnya untuk memproses klaim. Fuse memberikan added value bagi Simas Insurtech dan berharap dapat membantu lebih banyak perusahaan asuransi untuk mengurangi rasio klaim di masa mendatang.

Fuse sendiri didirikan tahun 2017 dan menjadi pionir untuk menghadirkan platform teknologi mobile untuk merevolusi kanal distribusi asuransi untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman konsumen akhir. Fuse meluncurkan aplikasi Fuse Pro untuk “memungkinkan” mitra/ partner menutup polis asuransi secara instan dan mudah bagi konsumennya.

Selain itu, Fuse juga menjadi yang pertama mendukung kanal digital/ e-commerce seperti Tokopedia untuk peluncuran produk asuransi mikro transaksional di tahun 2018. Fuse resmi ditunjuk sebagai mitra insurtech strategis sejak kuartal III 2021 untuk menyediakan semua kebutuhan akan produk asuransi bagi user Tokopedia. Fuse memiliki lebih dari 500 pegawai, dengan 30 kantor cabang di Indonesia, Vietnam, dan Tiongkok, untuk mendukung perusahaan asuransi lokal dan mitra distribusi melayani konsumennya dengan lebih baik.