Marketing.co.id – Berita Digital | Lazada Indonesia melalui unit bisnis logistiknya Lazada Logistics terus menegaskan komitmennya untuk mempromosikan operasional logistik yang lebih ramah lingkungan.
Berbagai upaya terus dilakukan Lazada untuk mendukung tujuan jangka panjang pertumbuhan berkelanjutan perusahaan. Salah satu upayanya adalah melalui inisiatif kemitraan dengan komunitas sepeda di bawah naungan Westbike Messenger Service (Westbike), sebuah layanan logistik dengan menggunakan sepeda dan sepeda kargo. Kolaborasi ini menambah daftar kemitraan strategis dari Lazada Logistics untuk mendukung upaya pengiriman paket lebih ramah lingkungan lewat #BlueVehicle.
Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger menjelaskan, Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui Lazada Logistics, Lazada terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan, melalui kerja sama dengan beberapa mitra strategis di antaranya Westbike, Smoot, dan Grab.
Saat ini, layanan pengiriman barang ke konsumen oleh kurir sepeda dari Westbike telah tersedia di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, dan dalam waktu dekat akan merambah ke beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Sebelumnya, Lazada juga telah bermitra dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan kendaraan berbasis listrik utama bagi mitra kurir (frontliner) Lazada Logistics.
Motor Smoot dirancang untuk kemudahan pengguna di mana pengguna bisa melakukan penukaran baterai motor dengan mudah di ratusan lokasi penukaran baterai (SWAPPoin) yang tersedia di berbagai lokasi strategis di Jakarta. Selain bermitra dengan Smoot, Lazada sebelumnya juga telah bermitra dengan Grab untuk penyediaan armada motor listrik yang telah dimulai pada awal tahun 2021.
Founder dan COO Westbike Messenger Service (Westbike) Hendi Rachmat mengatakan, Westbike menyambut baik kolaborasi ini. “Sepeda merupakan moda yang efisien untuk mengantarkan barang dalam jarak dekat secara ramah lingkungan. Di kondisi kota besar di mana kemacetan sering terjadi, pilihan pengiriman paket dengan menggunakan kurir sepeda bisa menjadi pilihan yang efektif dan tentunya ramah lingkungan.”
Menurut Philippe, untuk membangun bisnis yang bertahan dalam jangka waktu lama di Indonesia, kolaborasi dan inisiatif keberlanjutan menjadi kunci kesuksesan. “Kami berharap bisa menjalin lebih banyak kerja sama dengan para mitra strategis dan terus mengembangkan berbagai inisiatif keberlanjutan di Lazada, yang tidak hanya akan berdampak positif pada operasional perusahaan kami, namun juga bisa mendorong setiap orang dalam ekosistem kami untuk menjalankan gaya hidup lebih ramah lingkungan,” tutup Philippe.
Sejak tahun 2021, Lazada juga telah menyediakan paket yang dibuat dari material alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi brand yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL). Paket ramah lingkungan tersebut menggunakan kotak karton bersertifikasi FSC yang diisi dengan sobekan kertas daur ulang sebagai pengganti plastik.