Chandra Asri Gandeng Darwinbox untuk Digitalisasi Proses Kerja SDM

0
Digitalisasi Proses Kerja SDM
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

 Digitalisasi Proses Kerja SDMMarketing.co.id – Berita Marketing |  PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bermitra dengan Darwinbox guna mendigitalkan seluruh proses pengaturan SDM secara menyeluruh. Bagi perusahaan yang telah memiliki rekam jejak hampir 30 tahun ini memiliki operasional SDM yang efisien, meningkatkan produktivitas serta pengalaman kerja karyawan dengan jumlah lebih dari 2.000 orang adalah langkah penting untuk mencapai visi menjadi perusahaan petrokimia terdepan di Indonesia.
Sesuai dengan visi perusahaan dan menyambut Society 5.0, Chandra Asri telah mengembangkan rencana transformasi digital sepanjang lima tahun untuk menciptakan ekosistem digital yang holistik.
“Karena tujuan kami futuristis, kami juga harus menggandeng mitra yang juga berfokus ke masa depan,” ujar Andre Khor, Chief Financial Officer Chandra Asri. “Pada perusahaan yang berbasis teknologi modern, sederhana, cepat, dan terhubung adalah kunci untuk mencapai keunggulan operasional, pertumbuhan bisnis, dan efisiensi biaya sembari meningkatkan kualitas pengalaman pengguna (UX). Kami senang bekerja sama dengan Darwinbox sebagai pendukung visi futuristis kami. Darwinbox terpilih setelah proses pertimbangan yang cermat dan komprehensif, mereka telah berhasil menerapkan transformasi yang lancar pada tahun 2022,” tambahnya.
Sementara itu, Human Resources and Corporate Affairs Director Chandra Asri Suryandi mengatakan, tim SDM Chandra Asri akan menggunakan Darwinbox sebagai sebuah ‘aplikasi super’, karena sistem manajemen SDM mereka dapat berintegrasi secara lancar dengan perangkat teknologi perusahaan, sehingga dapat memberikan kemudahan bagi para karyawan.
“Teknologi Darwinbox memungkinkan karyawan Chandra Asri untuk tetap terhubung di mana saja dan kapan saja, sehingga mereka dapat mengakses semua proses terkait SDM menggunakan satu aplikasi,” ujarnya.
Semua proses kerja SDM akan dikelola menggunakan Darwinbox, dari proses rekrutmen hingga pengunduran diri. Karyawan Chandra Asri dapat mengakses dan mengelola data pribadi mereka, melonggarkan beban kerja administrator SDM. Karyawan Chandra Asri juga akan memiliki visibilitas yang lebih luas untuk melacak data mereka sendiri, termasuk pengajuan absen, cuti, dan pengembalian biaya kerja yang dapat disetujui oleh manajer kapan saja.
Selain itu, HR Helpdesk juga menyediakan dukungan kepada setiap karyawan Chandra Asri yang memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan, sementara modul seperti OnboardingRecognition, dan jejaring sosial ‘Vibe’ akan memperkuat hubungan antara karyawan.
Secara keseluruhan, platform SDM terintegrasi tersebut akan memungkinkan kolaborasi yang lebih baik, mendorong produktivitas karyawan lebih tinggi, serta pengalaman bekerja yang lebih baik bagi karyawan dan calon pekerja.
“Untuk menjaga produktivitas dan kepuasan karyawan, kami tidak ingin membebani mereka dengan tugas dan dokumen terkait SDM yang membosankan. Kami senang melihat kesuksesan Chandra Asri dalam memanfaatkan platform kami untuk meningkatkan kinerja mereka,” kata Jayant Paleti, Co-founder Darwinbox.
Di Chandra Asri, transformasi digital SDM telah diimplementasikan melalui tiga pilar—budaya karyawan, optimalisasi proses, dan perkembangan teknologi. Saat ini Darwinbox telah melayani lebih dari 650 perusahaan, 1,5 juta karyawan di 90 negara.