Marketing.co.id – Berita UMKM | Industri minuman kekinian di Indonesia yang booming dalam beberapa tahun terakhir umumnya menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh. Menolak mengikuti arus, Dhony Pratama (27 tahun) memutuskan untuk mengembangkan minuman kekinian berbahan susu pasteurisasi dengan brand Susu Mbok Darmi. Dari hanya satu outlet di kantin kampus, kini susu Mbok Darmi berkembang pesat menjadi 36 outlet dan 130 karyawan.
Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Susu Mbok Darmi dalam kampanye ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah, CEO & Founder Susu Mbok Darmi Dhony Pratama membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian ini.
Berawal dari outlet sederhana di kantin kampus IPB
Sebelum viral, siapa sangka kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan saat kuliah. Dhony yang kala itu berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari. “Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony.
Berani nyeleneh agar cepat dikenal
Ketika banyak merek memilih nama kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “Mbok Darmi” sebagai merek. Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan Indonesia banget. Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.
Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman
Di awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital oleh masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis. Sejak Januari 2020, Susu Mbok Darmi bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.
Roketkan penjualan dari kampanye tanggal cantik
Dari segi marketing, Susu Mbok Darmi secara jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital ShopeePay. “Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang kami tawarkan,” cerita Dhony.
Bulan ini, Susu Mbok Darmi kembali berpartisipasi pada kampanye tanggal cantik ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah. Pada kampanye tersebut, produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Flash Sale Rp7. Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp1.
Terus konsisten dan belajar
Ketika sudah viral, tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan kualitas produk dan pelayanan prima. Untuk itu, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya. Dhony juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga sehingga mereka pun bisa berlaku ramah terhadap konsumen. Secara pribadi, Dhony juga terus belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan entrepreneurship dan belajar dari sosok-sosok sukses lainnya.