Marketing.co.id – Berita UMKM | Smesco Indonesia siap mensukseskan dan memeriahkan acara Sinergi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2021 Untuk Mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang akan dilaksanakan selama bulan April 2021. Kegiatan ini untuk mendukung ajakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mencintai dan membeli produk UMKM
Percepatan pemulihan ekonomi mikro akan dilakukan Smesco Indonesia dengan menjemput bola dan meyiapkan sistem kerjasama onboarding market bagi UKM produsen untuk produk perhotelan melalui kolaborasi antara pemerintah, industri nasional pariwisata khususnya perhotelan, dan pelaku UKM.
Kerjasama nyata tersebut diimplementasikan Smesco dengan membangun infrastruktur rantai pasok pelaku UKM ke dalam zona bisnis nasional perhotelan. Salah satunya dengan menjadikan UKM sebagai pemasok produk hospitality. Kerja nyata tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama.
Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia menjelaskan, saat ini Smesco Indonesia telah melakukan kurasi bersama produk UKM jenis kebutuhan resto, bedroom, bathroom, toiletries, amenities, home dekor, house hold serta Minibar. “Produk UKM yang telah terseleksi ini akan mengisi kebutuhan Hotel Grup Indonesia yang berjumlah 150 hotel di seluruh Indonesia,” ujar Leonard.
Baca juga: Mengedepankan #BikinLebihSans, Sans Hotel Kini Hadir di Empat Kota
Lebih dekat, latar belakang dipilihnya UKM Provinsi Jawa Barat sebagai lokasi pilot project penyertaan UKM masuk kedalam rantai pasok industri perhotelan nasional tak lain karena Jabar selama ini merupakan trendsetter produk-produk lokal unggulan di Indonesia, terdapat 15.000 UKM Jawa Barat aktif terbesar dalam berbagai cluster produk
Ditambahkan Leonard, melalui kerjasama ini, diharapkan produk UKM dapat berperan untuk hotel-hotel yang akan dibangun di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Jawa Timur dan Banten. Kurasi sudah akan dilakukan sesegera mungkin agar setelah pembangunan selesai produk ukm sudah bisa digunakan.
“Proses informasi kerjasama Smesco melalui Dinas Koperasi & UKM di seluruh Indonesia yang penyebaran informasinya disosialisasikan melalui Medsos dan Proses pendaftaran melalui link secara online. Hingga kini antusias UKM untuk berpartisipasi sangat bagus, terdaftar lebih dari 600 UKM yang memiliki produk unggulan dibidang Industri Hotel,” tutup Leonard.
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan, sebesar 99% pelaku ekonomi di Indonesia adalah UMKM dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 98%. Adapun kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60%. “Saat pandemi ini betul-betul terdampak. Salah satunya terkait pembatasan mobilitas, karena UMKM baru 8 juta unit usaha yang masuk ke ekosistem digital,” kata Fiki.
Baca juga: Fitur Integrasi iSeller Permudah Digitalisasi Bisnis UMKM
Saat ini, Smesco Indonesia memperluas infrastruktur jaringan rantai pasok nasional produk industri besar di Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan sebagai salah satu unit usaha Media Grup Hospitality.
“The Papandayan Hotel telah berhasil menjalin kerjasama dengan Smesco Indonesia untuk menampilkan show case UKM Jawa Barat binaan Smesco Indonesia di area Hotel The Papandayan Bandung selama bulan April.” demikian ujar CEO Media Grup, M. Mirdal Akib.
Lebih lanjut, Mirdal menjelaskan konsep showcase dibuat ringkas dengan menampilkan produk-produk unggulan UKM dan akan ada narasi penjelasan tentang produk UKM tersebut di sekitar lokasi Papandayan Room dan Papandayan Arcade.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis