Gerakan Nusantara 2016 Sasar Wilayah Baru

Memasuki tahun keempat, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) kembali mencanangkan program Gerakan Nusantara (Minum Susu Tiap Hari Untuk Anak Cerdas Aktif Indonesia) dan memperkuat komitmen dengan memperluas jangkauan ke wilayah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdalam).

gerakan nusantara 2016

Pencanangan Gerakan Nusantara 2016 dilakukan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dihadiri serta dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP, yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud RI Ir. Harris Iskandar, Ph.D; Direktur Marketing Frisian Flag Indonesia Felicia Julian; serta Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM (BPOM) RI Drs. Halim Nababan, MM.

Program yang telah dijalankan sejak tahun 2013 ini bertujuan untuk mensosialisasikan gaya hidup sehat, terutama terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, melalui pemenuhan gizi dan energi seimbang serta aktivitas fisik luar ruang. Felicia mengatakan, Gerakan Nusantara melalui kampanye Drink, Move, Be Strong telah menjangkau 619.200 siswa dari 1.251 sekolah dasar di berbagai wilayah Indonesia, didukung oleh kemitraan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM).

“Tahun 2016, Gerakan Nusantara akan menyasar ke lebih dari 510 sekolah dasar yang tersebar di 6 provinsi di Indonesia, yaitu Banten, Jawa Barat, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Perluasan jangkauan wilayah sasaran baru yang juga termasuk ke dalam wilayah 3T pada tahun ini difokuskan pada Provinsi Banten dan Nusa Tenggara Timur,” ujar Felicia.

Adapun program tersebut dilaksanakan melalui berbagai kegiatan aktivasi yang menarik seperti edukasi gizi, pembagian susu, senam luar ruang dan permainan bola basket, pemberian buku edukasi gizi, serta sosialisasi kantin dan jajanan sehat. Ini juga melanjutkan pelaksanaan Studi KAP (Knowledge, Attitude, Practice) melalui kerjasama dengan tim Ahli Gizi Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Andrew F. Saputro, Head of Corporate Affairs Frisian Flag Indonesia menambahkan, pelaksanaan Gerakan Nusantara juga dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari Studi KAP 2015 yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan, pemahaman, serta praktik gaya hidup sehat di wilayah perkotaan. Namun, dia juga mengungkapkan bahwa perlu adanya perluasan edukasi gizi hingga mencapai wilayah peri urban (pinggiran kota). Selain itu, Gerakan Nusantara tahun ini juga memberikan perhatian khusus kepada pihak sekolah dan guru yang memegang peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa dalam menerapkan hidup sehat.

Fisamawati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here