Cari Tahu Kenapa KTA Anda Ditolak

Cari Tahu Kenapa KTA Anda DitolakAnda memilih jalur Kredit Tanpa Agunan sebagai solusi untuk membiayai modal usaha Anda. Proses KTA memang tidak membutuhkan jaminan. Namun, bukan berarti bebas syarat. Anda tetap harus memenuhi setiap syarat yang diajukan oleh pihak bank. Sering kali ditemukan kasus di mana calon peminjam ditolak pengajuan kreditnya dengan alasan kondisinya yang tidak memungkinkan. Sebenarnya apa yang membuat pengajuan KTA calon peminjam ditolak? Ini dia 5 penyebab KTA ditolak.

1. Kelengkapan dan Verifikasi Dokumen

Setiap calon peminjam wajib mengisi formulir sebagai bukti dokumen yang sah sekaligus sumber informasi bagi pihak bank. Calon peminjam wajib memberikan data-data yang detail dan realistis. Jangan sekali-kali mencoba untuk memberikan data palsu karena pihak bank akan melakukan pengecekan ulang terhadap semua informasi yang Anda berikan. Baik itu soal alamat tempat tinggal, nomor kontak Anda, nomor telepon HRD tempat Anda bekerja, serta kontak darurat. KTA akan menolak permintaan Anda apabila data yang paling mendasar tersebut dipalsukan. Tujuan pemberian nomor telepon tersebut agar pihak bank mudah menghubungi setiap kontak Anda di saat mereka membutuhkan keterangan kala situasi darurat.

2. Jumlah Pinjaman

Tidak semua bank menetapkan jumlah pinjaman yang sama untuk KTA. Setiap bank memiliki kebijakan masing-masing. Sebelum Anda memilih bank mana yang akan dituju untuk peminjaman KTA, kami akan memberikan informasi mengenai batas maksimum untuk kredit tanpa agunan di beberapa bank di Indonesia, misalnya : Mandiri KTA: Rp200,000,000, BNI Fleksi: Rp100,000,000, Bank Permata: Rp300,000,000, CIMB Niaga: Rp200,000,000. Sebaiknya besar pengajuan pinjaman jangan terlalu besar dan melebihi batas kemampuan finansial Anda. Jumlah pinjaman KTA juga harus realistis artinya sebanding dengan penghasilan yang didapat oleh calon peminjam karena bank akan mengukur apakah calon peminjam mampu mengembalikan pinjaman tersebut beserta bunganya.

3. Sejarah Pinjaman Buruk

Bank mana pun tidak akan menyetujui peminjaman KTA kepada calon peminjam yang punya catatan hitam di masa lampau. Terutama catatan mengenai sejarah pinjaman yang buruk. Biasanya setelah pengisian formulir, pihak bank akan segera memulai proses verifikasi, salah satunya dengan melacak sejarah pinjaman sang calon peminjam. Bank bisa melakukan pelacakan atas pinjaman yang pernah Anda lakukan sebelum mengajukan KTA dengan melihat riwayat pinjaman Anda melalui Bank Indonesia.

Apabila Anda memiliki kartu kredit, hal ini akan menjadi perhatian bank. Jika pembayaran Anda bagus tentu tidak akan ada masalah. Lain hal, bila dalam membayar cicilan selalu telat hingga menumpuk utang. Kasus lain misalnya, Anda pernah terlibat pinjaman macet. Faktor tersebut akan menjadi pertimbangan bagi bank apakah akan menerima pengajuan KTA atau tidak.

4. Tidak Memiliki Modal

Memang namanya adalah Kredit Tanpa Agunan, alias tidak ada jaminan yang perlu diberikan oleh calon peminjam. Kenyataannya, Anda tidak mungkin mengajukan KTA dengan tangan kosong. Pihak bank juga memerlukan bukti keseriusan si calon peminjam. Untuk itu, dibuat peraturan pemberian Down Payment (DP) sebesar 30% dari total harga rumah ataupun mobil. DP 30% ini tidak lantas menjadi milik bank tetapi dibayarkan kepada pengembang perumahan ataupun dealer mobil sebagai bukti bahwa calon peminjam serius dengan KTA yang ia ajukan dan menghindari kredit macet.

5. Kategori Tempat Kerja

Sama halnya dengan jumlah pinjaman berbeda yang ditetapkan oleh pihak bank. Ada lagi syarat berbeda yang diberikan oleh setiap bank, yaitu kategori tempat kerja. Ada beberapa jenis pekerjaan dan industri tempat si calon peminjam bekerja yang menurut bank cukup berisiko apabila pengajuan kreditnya diluluskan. Pihak bank akan mempertimbangkan apakah dari penghasilan si calon peminjam yang sekarang mampu mengembalikan cicilan pinjaman beserta bunganya. Tentunya hal ini cukup beralasan, karena situasi ekonomi yang tidak menentu membuat bank menjadi sangat hati-hati dalam pengajuan kredit pinjaman. Sebelum mengajukan KTA, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai syarat yang diberikan oleh setiap bank.
Supaya setelah membaca informasi ini, pengajuan KTA Anda tidak lagi ditolak.

2 COMMENTS

  1. Sy karyawan swasta di sebuah perusahan pabrik sepatu di kawasan tangerang mohon bantuan nya sy butuh sekali dgn pinjaman ini.mgkn riwayat sy dl jelek tp itu bkn atas kehendak sy,karena dl sy tdk tahu kalau proses bank itu seperti ini..mohon pertolongan nya utk sy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here