Marketing.co.id – Laju teknologi semakin cepat. Mampukah bisnis Anda merasa sedang mengimbangi?
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pasar online atau popularitas pembaca online telah mengubah dunia bisnis. Untuk itu kita perlu mempelajari sesuatu yang baru.
Setiap kali kita merasakan tekanan dari teknologi, kita mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini mengingatkan kita untuk fokus pada apa yang selama ini membantu kita unggul – layanan pelanggan.
Layanan pelanggan dapat membantu bisnis Anda sukses, bagaimanapun iklim ekonominya atau apapun tren teknologinya. Berikut caranya:
Biarkan pelanggan mengenal Anda.
Jika Anda menjalankan bisnis dari satu lokasi (atau internet) yang tidak diketahui keberadaannya, itu membuat Anda menjadi anonim.
Hal ini biasa terjadi saat ini. Namun dengan menambahkan “wajah” atau alamat bisnis, Anda dapat meyakinkan pelanggan bahwa bisnis ini tidak akan lenyap dalam semalam.
Anda tidak harus menyewa ruang kantor jika tidak benar-benar membutuhkannya. Cukup dengan menunjukkan di mana Anda mengoperasikan dan mempertimbangkan cara komunikasi lain dengan pelanggan selain email. Memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi setiap saat misalnya.
Sedikit informasi pribadi bisa meminimalkan masalah aksesibilitas, kepercayaan, atau keamanan.
Hadir kapanpun dibutuhkan
Pastikan pelanggan dapat menghubungi Anda kapanpun mereka membutuhkan. Ketika pelanggan tidak bisa menghubungi Anda ketika perlu, Anda bisa kehilangan mereka untuk selamanya.
Layanan khusus / VIP
Menawarkan perlakuan khusus kepada pelanggan membuat mereka merasa diperhatikan. Selain itu, pelanggan juga mungkin bersedia membayar lebih untuk itu.
Selama ini kita melihat ada begitu banyak penawaran dan promosi untuk pelanggan baru. Rasanya sudah saatnya, Anda juga memberikan sesuatu kepada pelanggan lama.
Menawarkan pengetahuan
Membangun hubungan yang erat dengan pelanggan sangatlah bagus, tetapi kita juga bisa menawarkan pengetahuan kepada mereka. Seorang pelanggan bisa lebih banyak tahu daripada yang kita lakukan pada topik tertentu. Manfaatkan situasi ini untuk belajar lebih banyak.
Pameran adalah cara lain bagi Anda untuk menawarkan pengetahuan kepada pelanggan. Misalnya, dengan menyelenggarakan seminar dengan mendatangkan pembicara ahli untuk menarik pelanggan potensial tertarik pada produk atau jasa.
Membangun komunitas
Interaksi face-to-face, layanan khusus, serta menawarkan pengetahuan secara bersamaan membantu Anda menciptakan sebuah komunitas yang unik bagi pelanggan. Ini bisa menjadi bagian interaktif dari website Anda, webinar mingguan atau bulanan, atau open-house di outlet Anda.
Lebih bagus lagi, mengatur bisnis serupa untuk mendirikan sebuah acara, atau konvensi yang bisa menarik banyak orang. Misalnya bekerja sama dengan lembaga lain untuk membuat sebuah event. Event bisa mendorong mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan Anda.
Metode-metode tried-and-true dapat meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. Adakah cara lain untuk melibatkan mereka? (www.forbes.com)