Marketing.co.id – Berita UMKM | Meningkatkan keterampilan layanan pelanggan harus menjadi prioritas bagi bisnis yang ingin unggul di pasar kompetitif saat ini.
Setiap interaksi yang baik dengan pelanggan memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk menyebarkan berita kepada pelanggan potensial lainnya. Namun, apa yang akan dikatakan pelanggan tersebut? Apakah Mereka akan senang dengan layanan pelanggan yang mereka terima, atau justru berpaling karena pengalaman layanan pelanggan buruk yang Anda berikan?
Berikut 4 cara meningkatkan keterampilan layanan pelanggan:
Melacak feedback dan perasaan pelanggan
Apakah Anda menawarkan cara bagi pelanggan untuk memberitahu Anda tentang bagaimana perasaan mereka terhadap pelayanan yang mereka terima? Beberapa perusahaan menggunakan survei, umpan balik (feedback), kotak saran, atau bahkan percakapan langsung dengan pelanggan. Intinya, mereka membuat saluran untuk mendapatkan informasi dan melacak informasi tersebut.
Umpan balik dari pelanggan adalah cara terbaik untuk mulai meningkatkan layanan pelanggan. Pelanggan akan memberitahu apakah layanan pelanggan Anda sudah benar atau perlu melakukan perbaikan.
Berkomunikasi dengan tim layanan pelanggan
Mendapatkan umpan balik dari pelanggan mungkin saja tidak mudah, namun umpan balik dari karyawan merupakan cara tergampang untuk melihat bagaimana layanan pelanggan Anda dapat ditingkatkan. Kuncinya adalah menerima umpan balik dari karyawan, kemudian melakukan sesuatu dari masukan-masukan mereka.
Anda harus melatih dan memperbaiki keterampilan staff layanan pelanggan – training
Tentunya Anda tidak akan membiarkan anggota tim layanan pelanggan “turun gunung” sebelum Anda melatih mereka, kan? Latihlah mereka terlebih dahulu agar keterampilan layanan pelanggannya meningkat. Di luar sana ada banyak buku, blog, dan artikel yang membahas cara terbaik meningkatkan keterampilan layanan pelanggan.
Tentukan perbaikan dalam keterampilan layanan pelanggan
Apa keterampilan tim layanan pelanggan Anda yang paling sukses? Bagaimana perusahaan Anda melakukannya? Semua orang memiliki visi layanan pelanggan yang berbeda-beda. Mendefinisikan apa yang telah Anda raih dalam memberikan layanan pelanggan terbaik adalah kunci keberhasilan Anda.
Meningkatkan keterampilan layanan pelanggan merupakan proses panjang. Jangan tunggu sampai besok, mulailah membuat perubahan yang Anda butuhkan saat ini. Setiap perubahan kecil akan membuat perbedaan dan membantu Anda meningkatkan kualitas layanan yang penting bagi pelanggan. (Business2communitycom)