Laporan Burson Tekankan Pentingnya Kepemimpinan Bersama di Empat Pilar Utama

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Burson secara resmi meluncurkan laporan terbarunya berjudul “Regeneration.” Laporan ini menyoroti pentingnya semangat Gotong Royong dan kolaborasi aktif lintas generasi sebagai aset terbesar dan fundamental bagi kemajuan Indonesia. Melalui temuan ini, Burson mengajak pemerintah, dunia usaha, serta seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu guna membangun solusi yang inklusif, inovatif, dan berkelanjutan demi mewujudkan Indonesia yang lebih kuat dan sejahtera.

Marianne Admardatine, CEO of Burson Indonesia and Head of Innovation & Creative Transformation, Burson Asia-Pacific mengatakan, menuju peringatan seratus tahun kemerdekaan pada 2045, Indonesia tengah menghadapi sejumlah tantangan mendesak nan kompleks yang membuatnya ada di persimpangan jalan. Melalui laporan Regeneration, Burson Indonesia memadukan kompetensi mendalam terhadap pasar lokal dengan insight yang dihasilkan dari platform AI eksklusif perusahaan untuk memberikan perspektif baru dan strategi praktis. Upaya ini dilakukan untuk mendukung Indonesia mengakselerasi kemajuan dan meningkatkan reputasinya secara global.

“Laporan Regeneration disusun berdasarkan empat pilar utama yang membentuk masa depan Indonesia, yaitu lingkungan, ekonomi, teknologi, dan kepemimpinan. Dalam pilar lingkungan, sebanyak 80% responden mengaku bahwa faktor yang nyata dan terukur, seperti udara dan air bersih serta kesehatan masyarakat, lebih memengaruhi kesadaran akan kualitas lingkungan ketimbang komitmen perubahan iklim yang sering dianggap abstrak,” papar dia.

Dalam pembangunan ekonomi, dia melanjutkan, mayoritas responden menyatakan bahwa bisnis perlu menjalankan kegiatan produksi secara berkelanjutan, menciptakan produk yang bisa didaur ulang, serta meminimalkan limbah. Selain itu, 68% responden menyatakan bahwa teknologi berpotensi besar untuk mengurangi ketimpangan ekonomi dan sosial. Sementara dalam pilar kepemimpinan, hampir semua responden (91%) dari lintas generasi menyatakan bahwa pemimpin memiliki peran krusial dalam mendorong aksi lingkungan.

Laporan ini juga mengungkap peran signifikan dan aspirasi setiap generasi. Milenial, yang dinilai memiliki kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan kematangan dalam menghadapi tantangan masa depan, dianggap sebagai generasi yang paling siap untuk mengambil peran kepemimpinan dan mendorong inovasi di bidang teknologi, lingkungan, dan ekonomi. Gen Z juga dinilai sebagai generasi pemimpin selanjutnya berkat dedikasi mereka terhadap keberlanjutan.

Untuk mendukung pengembangan pemimpin masa depan ini, Gen X dan Baby Boomers, yang masih memegang peran-peran kepemimpinan utama, perlu mendorong inklusi, dialog terbuka, dan rasa saling menghormati, seraya tetap terbuka untuk belajar dari generasi muda. Laporan ini juga menekankan pentingnya growth mindset dan self-improvement yang berkelanjutan bagi semua kelompok usia sebagai kunci untuk tetap relevan di era perubahan yang cepat.

Harry Deje, Chief Operating Officer, Burson Indonesia menambahkan, temuan di laporan Regeneration menjadi paradigma baru dalam membentuk Indonesia yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Beliau menambahkan, sejalan dengan komitmen Burson terhadap inovasi yang berkelanjutan, laporan ini menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menyediakan solusi strategis berbasis riset yang lengkap.

“Dengan memberi insight mendalam terhadap sektor usaha dan dinamika sosial, Burson siap membantu bisnis menghadapi berbagai tantangan masa kini. Laporan ini menyimpulkan bahwa regenerasi sangat penting bagi perjalanan Indonesia menuju masa depan yang lebih kuat. Hampir semua responden (97%) setuju bahwa investasi terhadap pertumbuhan dan pengembangan masyarakat adalah kunci untuk mencapai visi Indonesia Emas,” papar dia.