Marketing.co.id — Berita Marketing | PT LG Electronics Indonesia (LG) memaparkan hasil nyata dari berbagai langkah transformasi perusahaan yang telah dilakukan. Transformasi ini tidak hanya mendongkrak pertumbuhan bisnis, tetapi juga memperbesar dampak positif perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini terhadap perkembangan industri dan perdagangan di Indonesia.
“Hal ini menjadi bukti bahwa penguatan organisasi dan berbagai pengembangan yang dilakukan dibawah semangat untuk kehidupan lebih baik (Life’s Good), dapat sejalan dan beriringan dengan dampaknya bagi komunitas dan lingkungan,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia, dalam refleksi 35 tahun keberadaan LG di Indonesia di Jakarta.
Seiring dengan peluncuran produk-produk inovatif termasuk yang didukung oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI), LG terus memperkuat organisasinya. Langkah strategis ini dimulai dari keberadaan dua pabrik di Tangerang dan Bekasi yang memproduksi perangkat elektronik rumah tangga seperti Kulkas, TV, dan Monitor. Kedua fasilitas ini tak hanya memenuhi permintaan pasar domestik, tetapi juga berfungsi sebagai basis ekspor ke berbagai negara, dengan didukung penuh oleh tenaga kerja lokal.
“Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan dukungan pemerintah Indonesia, yang memungkinkan LG berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Ha Sang-chul.
Jejak penguatan LG di Indonesia semakin solid dengan diintegrasikannya berbagai fungsi bisnis di dalam negeri. Mulai dari kantor pusat pemasaran dan penjualan yang kuat, perluasan layanan purna jual, hingga pendirian Pusat Riset dan Pengembangan (R&D) di Indonesia.
Pendirian pusat R&D ini krusial untuk memastikan inovasi produk LG sesuai dengan kondisi lingkungan lokal. Dengan kelengkapan ini, LG menjadi satu-satunya perusahaan elektronik di Indonesia yang memiliki sistem bisnis terintegrasi penuh yang berada dan dikendalikan di dalam negeri.
“Kepemilikan pada infrastruktur bisnis yang lengkap inilah yang kemudian semakin memberi dampak positif dalam memperbesar kontribusi LG bagi pengembangan industri dan perdagangan dalam negeri,” tegas Ha Sang-chul.
Kontribusi nyata terlihat dari pemanfaatan sumber daya dan material dari dalam negeri, yang berdampak pada peningkatan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Lebih dari itu, kolaborasi LG dengan industri pendukung, termasuk sektor usaha kecil dan menengah (UKM), turut meningkatkan roda ekonomi lokal sebagai mitra LG.
Beriringan dengan kontribusi bisnis, LG juga aktif menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) melalui program besar LG Loves Indonesia dengan empat pilar utama: LG Loves & Cares (pemulihan bencana), LG Loves Children (kesejahteraan anak), LG Loves School (peningkatan kompetensi siswa dengan teknologi), dan LG Loves Green (pelestarian lingkungan).
Mengapresiasi sinergi yang terjalin selama 35 tahun, Ha Sang-chul menegaskan komitmen LG untuk terus menjadi mitra sejalan dalam agenda besar pemerintah bagi pengembangan masyarakat dan penciptaan lingkungan berkelanjutan.
Ke depan, LG akan terus memperkuat bisnisnya melalui strategi berkelanjutan, menghadirkan inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia melalui integrasi AI dan platform LG ThinQ, serta memperluas jaringan distribusi guna memastikan akses mudah bagi konsumen di seluruh penjuru negeri.
LG juga akan mengembangkan kegiatan Life’s Good Consumer Experience, inisiatif yang dirancang untuk menghadirkan kesenangan dan keceriaan dalam setiap interaksi konsumen dengan produk LG, menjadikan pengalaman bersama LG fungsional, menyenangkan, dan bermakna.