Marketing.co.id – Berita Lifestyle | CASA Indonesia kembali menegaskan posisinya dalam lanskap desain, living, dan lifestyle dengan memperkenalkan DESIGN:JAKARTA, sebuah intellectual property (IP) terbaru yang resmi diluncurkan melalui kehadiran VIP Lounge by DESIGN:JAKARTA di perhelatan akbar Art Jakarta 2025. Lounge eksklusif ini, yang didukung oleh Toshiba Japandi, menjadi titik temu penting bagi para seniman, desainer, dan kolektor, sekaligus menjembatani dialog antara dunia seni dan desain.
Untuk debut perdananya, VIP Lounge by DESIGN:JAKARTA menampilkan kolaborasi visioner dari dua entitas desain yakni KIAT Architect dan FFFAAARRR. Konsep ruang ini mengusung dualitas desain, membagi lounge menjadi dua zona kontras namun saling melengkapi, menciptakan harmoni yang unik di tengah perpaduan seni dan desain kontemporer.
Putra Tjokroadisoerjo, Head of Content CASA Indonesia menjelaskan, momentum di balik peluncuran ini. Art Jakarta selalu menjadi panggung seni yang mempertemukan kreativitas lintas disiplin. Inilah momentum yang tepat untuk memperkenalkan DESIGN:JAKARTA sebagai IP baru dari CASA Indonesia.
“Melalui VIP Lounge, kami ingin memberikan pengalaman intim, eksklusif, sekaligus menjadi jembatan awal antara dunia seni, desain, dan arsitektur di satu ruang yang kohesif. VIP Lounge ini dirancang sebagai sebuah eksplorasi arsitektur dan desain yang mendalam,” ujar dia.
KIAT Architect, melalui Marcello Decaran, menghadirkan nuansa “Oase Alami” yang refined dan hangat. Ruang yang dirancang bersama Melyna (KIAT), Satya (Larch Studio), Silikal, Laflo, Artisan Rugs, Idefab, dan Class International ini menampilkan transisi halus antara ruang dalam dan luar, dengan tanaman hijau rimbun, kolom berlapis lumut, dan “matahari palsu” yang memandikan ruangan dengan cahaya.
Marcello Decaran mengungkapkan, “Kami ingin menghadirkan sebuah ruang yang berfungsi sebagai oase di tengah hiruk-pikuk pameran, mengundang tamu untuk berhenti sejenak, merenung, dan menikmati desain sebagai bagian dari pengalaman sehari-hari.”
Di sisi lain, FFFAAARRR menampilkan instalasi yang berfokus pada “Eksplorasi Kursi” selama setahun penuh. Trio desainer ini menyajikan perjalanan objek yang akrab, menyeimbangkan struktur, proporsi, dan ergonomi. Ruang mereka bersifat minimalis namun bertekstur, dipertegas oleh elemen monolitik, mengisyaratkan pertumbuhan dan transformasi desain yang berkelanjutan.
“Kolaborasi ini menuntut kami untuk berdialog lebih dalam, bagaimana dua bahasa desain yang berbeda bisa saling melengkapi tanpa menutupi satu sama lain. Desain hadir bukan hanya sebagai latar, tetapi sebagai bagian dari narasi besar kreativitas kontemporer,” jelas trio desainer FFFAAARRR.
Kehadiran VIP Lounge by DESIGN:JAKARTA di Art Jakarta 2025 merupakan langkah awal menuju agenda besar DESIGN:JAKARTA yang akan hadir pada Agustus 2026. IP baru dari CASA Indonesia ini lahir untuk memperkuat posisi MRA Media dalam lanskap desain Indonesia, serta memposisikan Jakarta sebagai pusat kreativitas dan inovasi desain di kawasan Asia Tenggara.
DESIGN:JAKARTA hadir sebagai platform baru yang menampilkan desain dalam berbagai wujud, mulai dari arsitektur, interior, produk, hingga kriya, melalui pengalaman kuratorial yang menggabungkan instalasi imersif, proyek kolaboratif, dan karya visioner.
Sepanjang Art Jakarta 2025, VIP Lounge by DESIGN:JAKARTA juga menjadi lokasi berbagai program eksklusif, termasuk peluncuran resmi Toshiba Japandi, peresmian CASA Annual Book 2025, dan diskusi intim bertajuk “The Beauty of Simplicity: Japandi for the Contemporary Home” pada CASA Gathering with Community.
“VIP Lounge ini adalah representasi nyata dari misi CASA Indonesia, menciptakan wadah kolaboratif di mana seni, desain, dan gaya hidup bisa saling menginspirasi. Kami berharap, DESIGN:JAKARTA menjadi platform yang inklusif, berkelanjutan, dan akan menjadi wajah baru dari pameran desain di Indonesia,” tutup Putra.