Marketing.co.id – Berita Lifestyle | PT LG Electronics Indonesia (LG) kembali menggelar kampanye lingkungan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Kampanye terbaru, yang bertajuk “E-Waste Recycling for A Better Planet”, berfokus pada edukasi dan pengumpulan sampah elektronik.
Kampanye yang berlangsung selama satu bulan sejak 24 September ini mengajak masyarakat untuk mengumpulkan berbagai sampah elektronik agar dapat didaur ulang. “Kesadaran akan perlakuan sampah elektronik menjadi hal penting dalam upaya penciptaan lingkungan berkelanjutan,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia.
Untuk memudahkan partisipasi masyarakat, LG menyediakan boks pengumpulan di enam lokasi. Tiga titik berada di fasilitas milik LG, yaitu LG Service Center Jakarta, kantor LG di Gandaria 8 Office lt. 23, dan LG ZonaSeru di CGV Central Park. Tiga titik lainnya dibuka melalui kerja sama dengan sekolah dasar negeri di Jakarta dan Bekasi, yakni SDN Ragunan 8, SDIT Pembangunan Pamulang, dan SDN Kebon Baru 07.
Di setiap lokasi, LG memasang poster edukasi tentang pentingnya memilah dan mendaur ulang sampah elektronik. Khusus di tiga sekolah dasar, perusahaan memberikan penyuluhan langsung kepada para siswa mengenai dampak buruk sampah terhadap kesehatan dan lingkungan, serta pentingnya mendaur ulang sampah elektronik.
“Edukasi ini bertujuan memberi pemahaman mendalam tentang dampak buruk sampah terhadap kesehatan, lingkungan, hewan laut, serta urgensi perubahan menuju gaya hidup berkelanjutan pada usia muda,” kata Ha Sang-chul. Ia menambahkan, bahwa program ini juga mengajarkan konsep reduce, reuse, dan recycle sebagai kebiasaan sehari-hari.
Pemilihan siswa sekolah dasar sebagai target edukasi didasari harapan LG untuk menciptakan pelopor yang memiliki kesadaran tinggi dalam penanganan sampah di masa depan. “LG percaya bahwa perubahan harus dimulai dari usia paling dini. Ini sekaligus menjadi kontribusi nyata perusahaan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” ujar Ha Sang-chul.
Kolaborasi dengan Seniman dan Lembaga Sosial
Dalam kampanye ini, LG bekerja sama dengan Liberty Society, sebuah perusahaan sosial yang fokus pada produk ramah lingkungan. Liberty Society tidak hanya membantu memberikan edukasi langsung kepada siswa, tetapi juga akan mendaur ulang seluruh sampah elektronik yang terkumpul menjadi berbagai produk bermanfaat, seperti key-chain.
Selain itu, LG juga berkolaborasi dengan seniman seni instalasi. Sebagian sampah elektronik akan diubah menjadi empat karya seni instalasi yang rencananya akan dipamerkan di akhir tahun ini. Karya-karya tersebut akan ditempatkan di ketiga sekolah dasar yang berpartisipasi dan di LG ZonaSeru di CGV Central Park.
“Melalui daur ulang menjadi berbagai produk bermanfaat dan karya seni instalasi ini, harapan kami semakin membuka inspirasi bagi lebih banyak orang tentang pentingnya pengelolaan sampah elektronik dan keberadaannya yang masih dapat memberi manfaat,” kata Ha Sang-chul.
Kampanye ini merupakan bagian dari payung besar program corporate social responsibility (CSR) LG yang diberi nama “LG Loves Indonesia”, dan secara spesifik berada di bawah pilar “LG Loves Green”. Selain fokus pada lingkungan hidup, LG juga memiliki pilar lain seperti “LG Loves and Cares” (sosial dan kemanusiaan), “LG Loves School” (pendidikan), dan “LG Loves Children” (kesejahteraan anak).
“Menjadi harapan kami penyelenggaraan kampanye ini dapat membangun kesadaran sekaligus memperkuat sinergi terkait penanganan sampah elektronik. LG percaya, sebuah langkah kecil yang dilakukan berkelanjutan, akan memberikan dampak positif dan semangat optimis baru bagi kemajuan Indonesia,” pungkas Ha Sang-chul.