Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam upayanya mempertahankan dominasi pasar di kategori kulkas dua pintu dan memperluas pangsa pasar di segmen inverter, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) kembali meluncurkan model terbaru kulkas dua pintu berteknologi J-TECH Inverter.
Sharp meluncurkan dua model baru seri SHINE J-TECH Inverter (SJ-386SI-DS | 306 L, SJ-356SI-DS | 276L), yang juga mengusung konsep fitur “The Only One”, MEGA FREEZER, yaitu ruang freezer dengan ratio 30:70 dibandingkan dengan ruang pendingin lemari es.
Fitur The Only One ini dapat mengkomodir makanan beku dalam jumlah yang sangat banyak dan berukuran besar, serta Mega Crisper dengan Humidity Control untuk mengatur kelembaban pada saat menyimpan sayur atau buah – buahan, memberikan kapasitas penyimpanan maksimal untuk rumah tangga aktif dan keluarga besar.

Peluncuran dua model tersebut merupakan bagian dari rangkaian strategi jangka panjang perusahaan yang menargetkan total 12 model baru hingga akhir 2025. Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, menegaskan bahwa peluncuran model terbaru ini merupakan langkah konkret perusahaan untuk memperkuat bisnis Sharp di Indonesia.
“Kami percaya bahwa keberhasilan jangka panjang ditentukan oleh pemahaman mendalam terhadap konsumen lokal. Maka dari itu, strategi pengembangan produk kami selalu berlandaskan pada prinsip ‘local fit innovation’. Tidak hanya memperhatikan tren global, namun juga mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan masyarakat Indonesia yang unik dan dinamis,” ungkapnya.
Meski pasar kulkas dua pintu secara nasional hanya tumbuh sekitar 0.8% hingga pertengahan 2025, Sharp berhasil mencatatkan peningkatan market share di kategori kulkas dua pintu menjadi 33.6% (dari sebelumnya 31.9%).
Di segmen kulkas 2 pintu, kontribusi kulkas berteknologi inverter mencapai 39%, dan di segment Inverter ini, Sharp berhasil mendongkrak pangsa pasar dari 4.5% menjadi 7.5%. Sharp kini menetapkan target ambisius untuk mencapai market share inverter sebesar 15% pada akhir tahun 2025.
Darma Effendy, Refrigerator Product Strategy Group Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, menyampaikan bahwa pengembangan lini kulkas terbaru ini tak lepas dari proses riset pasar dan adaptasi lokal yang mendalam.
“Setiap model yang kami luncurkan mencerminkan perpaduan antara teknologi Jepang yang canggih dan pemahaman akan preferensi rumah tangga Indonesia. Kami mengusung konsep produk ‘Unique, the Only One, and Local Fit’. Misalnya, dari desain hingga fitur penyimpanan, semua kami sesuaikan dengan kebiasaan memasak dan menyimpan makanan masyarakat Indonesia,” jelasnya.
Dari dua belas model yang sudah dan akan diluncurkan, sepuluh model diantaranya diproduksi di dalam negeri, di pabrik Sharp Karawang dan menyasar segmen menengah hingga premium. Sejak awal Januari 2024, setiap unit produk dirancang tidak hanya sebagai alat penyimpan makanan, tetapi juga sebagai elemen interior rumah yang mempercantik ruangan serta mendukung gaya hidup sehat dan praktis.