Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Ancaman penipuan digital di Indonesia kian merajalela, mulai dari panggilan telepon tak dikenal, pesan singkat mencurigakan, hingga modus daring yang memanfaatkan celah kepercayaan. Laporan terbaru menyebut, 65% masyarakat Indonesia menerima upaya scam setiap minggu, sementara 39% anak muda pernah menjadi korban penipuan online.
Fenomena ini berdampak luas, khususnya bagi generasi muda yang hidup di tengah derasnya arus teknologi. Selain kerugian finansial, ancaman ini bisa mempengaruhi rasa percaya diri dan kenyamanan saat berinteraksi di dunia maya.
Menanggapi situasi tersebut, Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand Tri merilis Tri AI: Anti Spam/Scam, solusi berbasis kecerdasan buatan yang memanfaatkan teknologi AIvolusi 5G. Teknologi ini mengombinasikan kecanggihan AI dengan jaringan 5G untuk mendeteksi dan memberi peringatan terhadap potensi spam dan scam.
Sistem ini mengkategorikan panggilan berdasarkan tingkat risiko: warna toska untuk nomor aman, kuning untuk nomor tak dikenal, dan merah untuk nomor berisiko. SMS mencurigakan juga akan mendapat peringatan otomatis agar pengguna dapat segera menghindarinya.
“Tri selalu memprioritaskan kenyamanan dan keamanan pengalaman digital pelanggan. Sebagai brand yang adaptif dan dekat dengan dunia anak muda, Tri menghadirkan Tri AI: Anti Spam/Scam berbasis teknologi AIvolusi 5G untuk memberdayakan generasi muda Indonesia. Teknologi ini memberikan jaringan yang aman, sehingga anak muda bebas bereksplorasi, berkarya, dan menjelajah dunia online dengan percaya diri,” ujar Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Fitur ini aktif otomatis bagi pelanggan Tri dengan paket data. Tersedia versi Basic untuk perlindungan standar, dan Plus+ dengan notifikasi lebih jelas, pop-up berwarna, serta rangkuman riwayat panggilan di aplikasi bima+.
Langkah ini memperlihatkan peran Tri bukan hanya sebagai penyedia layanan, tetapi juga mitra digital yang fokus pada keamanan pengguna di era digital yang semakin kompleks.