Jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat. Mereka memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai kepentingan. Berdasarkan prediksi APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 231 juta jiwa atau sebesar 80-81% dari total penduduk Indonesia. Hal itu menunjukkan semakin intensifnya digitalisasi di kalangan masyarakat.
Berbagai perusahaan di Indonesia pun menyadari fakta tersebut, dan terus berlomba untuk mengaplikasikan penggunaan digital dalam operasional perusahaan. Semua
hal yang sebelumnya dilaksanakan secara konvensional, kini beralih ke proses digital. Hal itu dipraktikkan dalam segala aspek kegiatan perusahaan termasuk penjualan, Top Digital Company Award 2025: Penghargaan bagi Perusahaan dengan Transformasi Digital Terdepan pemasaran, aplikasi internal untuk kepentingan sumber daya manusia, hingga kemitraan dengan pihak eksternal.
Alasannya beragam, di antaranya menjadi upaya untuk mendekati konsumen yang mayoritas menggunakan internet sebagai sumber informasi, termasuk dalam mencari informasi serta mendapatkan produk atau jasa.
Majalah MARKETING sebagai media bisnis dan ekonomi terdepan di Indonesia, saat ini turut menyadari betul adanya peta kompetisi dalam transformasi digital antarperusahaan tersebut. Singkatnya, perusahaan-perusahaan itu berlomba-lomba untuk melakukan digitalisasi.
Oleh karenanya, pada tahun 2025 ini Majalah MARKETING kembali menyelenggarakan Top Digital Company Award (TDCA). Pada pelaksanaan TDCA 2025, penilaian berdasarkan survei independen yang dilaksanakan kepada 2.100 responden yang tersebar di seluruh area di Indonesia. Parameter penilaian itu didefinisikan sebagai Digital Company Index (DCI).
Sebagai informasi, pada pelaksanaan tahun ini, terdapat 69 kategori industri dengan rata-rata 5 perusahaan yang menjadi nominee di setiap kelompok industri tersebut. Seluruh nominee dinilai dengan lima indikator, yakni
- Product Awareness: parameter ini merupakan evaluasi terhadap jumlah pelanggan yang mengetahui saluran pemasaran digital dari suatu merek dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap merek yang diiklankan dan dijual melalui platform digital;
- Customer Touchpoints: parameter ini merupakan evaluasi terhadap tingkat keseringan (frekuensi) pelanggan mencari informasi mereka melalui platform daring dan besaran nilai tambah bagi perusahaan, setelah perusahaan mendigitalisasi mereknya melalui iklan maupun penjualan di media digital;
- Process Quality: parameter ini merupakan evaluasi terhadap kualitas maupun efisiensi platform digital (kanal, social media, aplikasi) yang dimiliki perusahaan dan keuntungan dari kolaborasi digital yang dilakukan dengan menggandeng pihak lain.
Berdasarkan hasil penilaian yang merujuk pada tiga indikator di atas, maka terpilih perusahaan-perusahaan yang dianggap terdepan dalam melakukan transformasi digital. Mereka terseleksi berdasarkan kelompok industrinya masing-masing serta berhak mendapatkan predikat TOP Digital Company di Indonesia pada 2025 ini
Berikut, index lengkapnya kami sajikan dalam bentuk pdf di bawah ini:
MM_AGS 25_Tabel TDCA 2025