Nestlé Indonesia Dukung Penuh Tumbuh Kembang Anak di Hari Anak Nasional 2025

0
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Dalam semangat peringatan Hari Anak Nasional, Nestlé Indonesia kembali menegaskan komitmennya yang kuat dalam mendukung pemenuhan hak-hak anak di Indonesia, mencakup akses terhadap gizi seimbang, edukasi berkualitas, serta lingkungan yang positif dan inklusif untuk tumbuh kembang anak.

Selama lebih dari 54 tahun beroperasi di Indonesia, Nestlé telah mengimplementasikan berbagai program berkelanjutan, termasuk program global Nestlé Dukung Anak Lebih Sehat (Nestlé for Healthier Kids – N4HK), yang berfokus pada pembentukan kebiasaan hidup sehat sejak dini melalui gizi seimbang dan aktivitas fisik rutin.

Direktur Corporate Affairs & Sustainability PT Nestlé Indonesia, Sufintri Rahayu, menyatakan, “Nestlé Indonesia percaya bahwa setiap anak memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal dalam lingkungan yang sehat. Melalui berbagai program yang dijalankan, kami senantiasa berupaya memberikan kontribusi nyata dalam mendampingi anak-anak Indonesia meraih masa depan terbaik mereka. Momen Hari Anak Nasional menjadi pengingat bahwa dukungan terhadap gizi, edukasi, dan lingkungan yang positif adalah fondasi bagi lahirnya generasi penerus yang sehat, cerdas, dan tangguh.”

Sebagai bagian dari komitmen jangka panjangnya, Nestlé Indonesia telah meluncurkan berbagai inisiatif yang berpusat pada gizi, edukasi, dan aktivitas fisik anak. Melalui program global N4HK, Nestlé Indonesia turut mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mempercepat penurunan angka stunting. Sejak tahun 2022 hingga 2024, program ini telah menjangkau lebih dari 685 anak dengan kondisi stunting, disertai edukasi kepada lebih dari 2.000 pihak terkait langsung, termasuk kader kesehatan, orang tua, dan ibu hamil.


Berbagai unit bisnis Nestlé juga turut berkontribusi aktif. Nestlé MILO, selama lebih dari lima dekade di Indonesia, telah mengajak lebih dari 50 juta anak di 300 kota/kabupaten untuk menjalani gaya hidup aktif dan sehat melalui program olahraga seperti Sports Development Program, MILO National Championship, MILO ACTIV Indonesia Race, dan MILO Family Day di Sekolah.

Untuk memastikan tumbuh kembang anak secara optimal, LACTOGROW menghadirkan kampanye ‘Main Jangan Main-Main’, yang mendorong orang tua untuk aktif bermain bersama anak sebagai bagian dari proses tumbuh kembang yang menyenangkan, membangun kedekatan emosional, dan mendorong kreativitas anak sejak dini.

Selain itu, DANCOW melalui program DANCOW Indonesia Cerdas, menggabungkan elemen belajar dan kompetisi dalam format yang menyenangkan. Program ini berhasil melibatkan lebih dari 165.000 siswa dari 1.000 sekolah dasar di 23 kota, mendorong anak untuk berpikir kritis, percaya diri, dan aktif dalam suasana yang sehat dan mendukung.

Rangkaian program dan inisiatif ini merupakan bagian dari kontribusi nyata Nestlé Indonesia dalam mendukung agenda nasional percepatan penurunan stunting dan penguatan ketahanan gizi keluarga, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam hal kesehatan dan kesejahteraan anak-anak Indonesia.

Sebagai anggota Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) dan Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak (APPNIA), Nestlé Indonesia turut merayakan Hari Anak Nasional 2025 melalui serangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI).

Perayaan dimulai pada 20 Juli 2025 di Bundaran HI, Jakarta. Bersama Istri Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Selvi Ananda, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Arifah Fauzi, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Abdul Mu’ti, serta Menteri Agama Nasaruddin Umar, Nestlé Indonesia berpartisipasi dalam jalan sehat dan sesi nonton film edukatif, yang dihadiri lebih dari 2.500 partisipan terdiri dari anak-anak, keluarga, dan masyarakat umum.

Pada rangkaian berikutnya, Nestlé Indonesia kembali berpartisipasi dalam kegiatan ‘Bermain ke KidZania’ yang berlangsung pada 26 Juli 2025. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 200 anak dari berbagai latar belakang, termasuk anak berkebutuhan khusus, anak penyintas kanker, serta anak-anak dari berbagai yayasan lintas agama. Melalui berbagai aktivitas edukatif seperti sesi mendongeng, bernyanyi bersama, dan permainan interaktif, acara ini bertujuan menumbuhkan semangat anak-anak dalam meraih mimpi mereka serta mendorong nilai inklusi dan kesetaraan.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Arifah Fauzi, turut hadir dalam kegiatan ‘Bermain ke KidZania’ dan mengapresiasi kontribusi Nestlé Indonesia, “Kami mengapresiasi komitmen Nestlé Indonesia dalam mendukung pemenuhan hak anak melalui kontribusi nyata, baik dari sisi penyediaan gizi maupun keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan, seperti rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional tahun 2025 ini. Kolaborasi seperti ini sangat penting dalam menciptakan ekosistem yang mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.”

Lucy Veronica Kansil, Kepala Sekolah Luar Biasa Surya Wiyata, juga menyambut baik acara ini, “Acaranya seru dan sangat luar biasa berkesan untuk anak-anak, khususnya anak-anak SLB Surya Wiyata. Karena momen bergaul dan berbaur dengan masyarakat umum merupakan salah satu hal yang penting bagi anak berkebutuhan khusus. Anak-anak sangat antusias saat mendapat kesempatan untuk menjawab pertanyaan dan maju ke depan. Semua anak sudah sangat menunggu momen ini.”