Lewat Program eYAA Angkatan ke-5, 100 Pemuda ASEAN Terpilih Wujudkan Perubahan
Marketing.co.id – Berita Marketing | Sebanyak 100 anak muda berusia 19 hingga 35 tahun dari 10 negara anggota ASEAN resmi mengikuti program eMpowering Youths Across ASEAN (eYAA) Angkatan ke-5. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Maybank Foundation dan ASEAN Foundation yang bertujuan mendorong pemberdayaan pemuda untuk menciptakan dampak positif dan perubahan sosial di kawasan Asia Tenggara.
Program eYAA Dorong Aksi Nyata Pemuda ASEAN
Dilaksanakan di Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand, kegiatan ini diawali dengan Lokakarya Peningkatan Kapasitas Regional selama empat hari pada 20–23 Juli 2025. Di sini, para relawan muda dipertemukan dengan perwakilan organisasi sosial kemasyarakatan (CSO) dan wirausaha sosial (SE) dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Vietnam, untuk memfinalisasi sepuluh proyek berbasis komunitas.
Dengan fokus pada pemberdayaan komunitas, lingkungan hidup, pendidikan, serta seni dan budaya, setiap tim akan menjalankan proyek berdampak langsung di komunitas. Proyek-proyek ini menerima dukungan dana hibah hingga USD 25.000 per tim.
Tiga proyek dari Indonesia yang menjadi sorotan adalah Project Membumi di Kota Batu yang menangani isu sampah makanan melalui edukasi dan sistem pengelolaan berkelanjutan, Glorious Golo Mori di NTT yang memperkenalkan penyimpanan dingin berbasis energi surya untuk membantu nelayan dan UMKM perempuan, dan Textile Rekindling Initiative (TRI) di Bali yang mempromosikan fesyen berkelanjutan dan daur ulang limbah tekstil pasca konsumsi. Setiap proyek tidak hanya memberi manfaat langsung bagi ribuan warga, tetapi juga memperluas dampak sosial melalui kampanye digital, edukasi publik, dan kolaborasi multisektor.
Dampak Positif eYAA di Kawasan ASEAN
Sejak pertama kali diluncurkan pada 2018, program eYAA telah memberi dampak pada lebih dari 89.000 individu di seluruh kawasan ASEAN dengan dukungan dari 40 organisasi mitra. Tahun ini, Vietnam bergabung sebagai negara baru lokasi proyek, memperluas jangkauan dampak sosial program ini.
Tan Sri Dato’ Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa, Chairman Maybank Group dan Maybank Foundation percaya bahwa pemuda memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan berkelanjutan jika didukung dengan alat dan platform yang tepat.
Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, Dr. Piti Srisangnam, menambahkan bahwa melalui eYAA, pemuda tidak hanya menjadi pemimpin masa depan, tetapi juga penggerak perubahan hari ini.
Program eYAA sejalan dengan Cetak Biru Masyarakat Sosial Budaya ASEAN 2025 dan Visi ASEAN 2045, dengan misi menciptakan kawasan yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan. Ini juga mendukung target Maybank Foundation dalam meningkatkan kehidupan dua juta rumah tangga di ASEAN pada 2025, sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan perusahaan.
Melalui pemberdayaan pemuda, eYAA menciptakan ruang kolaboratif lintas negara yang mendorong solusi sosial, inovasi, dan kepemimpinan komunitas di tengah tantangan kawasan Asia Tenggara.