
Marketing.co.id – Berita Financial Services | Masyarakat Indonesia sangat gandrung dengan media sosial. Kondisi ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk ke arah yang lebih produktif. Salah satunya memanfaatkan media sosial untuk pemasaran afiliasi atau affiliate marketing, yang memungkinkan pengguna media sosial meraih penghasilan tambahan dengan mudah dan fleksibel.
Survei Populix 2024 mencatat bahwa 67% responden menganggap program afiliasi sebagai cara menarik untuk menambah pendapatan. Melihat potensi ini, Prudential Indonesia meluncurkan CUAP Bareng Prudential, sebuah program afiliasi digital yang tidak hanya menawarkan peluang finansial, tetapi juga meningkatkan literasi keuangan dan kesadaran akan pentingnya proteksi kesehatan.
Dengan semangat kampanye #SegampangItu, CUAP bareng Prudential menawarkan solusi praktis yang relevan di era digital. Program ini menggunakan ekosistem digital dengan pendekatan sederhana dan menyenangkan untuk memungkinkan siapa saja bergabung sebagai Cuapers (sebutan untuk peserta CUAP), mulai dari gen-Z, fresh graduate, ibu rumah tangga, kreator konten, hingga pekerja kantoran.
Lebih dari itu, peserta dapat menghasilkan pendapatan tambahan sekaligus memanfaatkan media sosial secara bijak dengan membagikan konten edukatif tentang asuransi dan literasi keuangan di media sosial.

Un
Karin Zulkarnaen, Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia, mengungkapkan, melalui program ini, Prudential tidak hanya membuka peluang finansial bagi masyarakat, tetapi juga berupaya mendorong peningkatan pemahaman publik tentang pentingnya perencanaan keuangan dan memiliki proteksi kesehatan, mengingat inflasi medis di Indonesia diprediksikan tahun 2025 meningkat hingga 19%.
“Kami percaya bahwa edukasi keuangan dan pentingnya memiliki perlindungan harus menjadi bagian dari solusi untuk membantu masyarakat lebih siap menghadapi risiko di masa depan,” ujar Karin.
Untuk memperkuat dampak program ini, Prudential menggandeng figur-figur inspiratif yang dapat memberikan wawasan dan motivasi kepada Cuapers. Salah satunya Leo Giovanni, seorang kreator konten. Dalam kolaborasi tersebut, ia membagikan wawasan serta tips praktis mengenai strategi membangun konten afiliasi yang efektif untuk Cuapers.
“Sebagai kreator konten, saya melihat program Cuap bareng Prudential sebagai platform yang tidak hanya memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga memungkinkan kita berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perencanaan keuangan dan proteksi kesehatan. Ini adalah langkah kecil yang bisa membawa dampak besar bagi banyak orang,” ujar Leo.
Sementara itu, Prudential merancang program ini dengan mekanisme yang sederhana namun efektif. Setiap Cuapers akan menerima link affiliate yang dapat mereka share di berbagai platform digital untuk menghubungkan calon nasabah langsung dengan Tenaga Pemasar resmi Prudential. Tautan tersebut memungkinkan setiap interaksi dilacak, dihitung, dan dikonversi menjadi insentif.
Program Cuap bareng Prudential ini menyediakan fitur unggulan seperti materi konten siap pakai, dashboard pemantauan performa, serta berkesempatan mendapatkan insentif menarik dari data nasabah yang dikumpulkan, dan tambahan insentif sebesar Rp200.000 untuk setiap polis nasabah baru yang disetujui. Prudential Indonesia juga mendukung penuh para Cuapers melalui ekosistem asuransi dan keuangan yang aman, transparan, dan terstruktur.
Peluncuran program Cuap bareng Prudential juga menjadi bagian dari komitmen Prudential Indonesia dalam menghadapi tantangan inflasi medis yang dapat mencapai 19% pada tahun 2025. Angka tersebut jauh melampaui inflasi umum maupun inflasi medis di negara-negara ASEAN lainnya, sehingga memperkuat urgensi masyarakat untuk memiliki perlindungan kesehatan yang terjangkau dan terencana sejak dini.
“Melalui Cuap bareng Prudential, kami ingin menciptakan ekosistem yang mendukung kemandirian finansial masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam memperluas edukasi tentang pentingnya memiliki proteksi kesehatan. Kami percaya bahwa program ini dapat menjadi langkah strategis untuk menjawab tantangan ekonomi sekaligus mendorong literasi keuangan di Indonesia. Dengan peluncuran Cuap bareng Prudential, Prudential kembali menegaskan komitmennya untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai kesejahteraan finansial dan hidup yang lebih sehat,” tutup Karin.