LPEI Ajak Maybank Perkuat Ekosistem Ekspor Indonesia

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

lpei, maybank indonesiaKemitraan antara LPEI dan Maybank Indonesia merupakan langkah strategis dalam memperkuat dukungan terhadap peningkatan ekspor nasional

Marketing.co.id – Berita Marketing | Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan PT Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) resmi menandatangani kerja sama pemberian fasilitas kredit revolving dengan skema multicurrency (IDR&USD).

Seremonial peresmian perjanjian kerja sama kredit ini dihadiri Plt. Direktur Pelaksana Keuangan, Operasional, dan TI LPEI, Anwar Harsono serta Direktur Global Banking Maybank Indonesia Ricky Antariksa. Kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat dukungan terhadap peningkatan ekspor nasional.

Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, LPEI memiliki mandat untuk mendorong ekspor nasional melalui pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi. Dalam menjalankan mandat tersebut, LPEI terus memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk sektor perbankan.

Dalam kesempatan tersebut, Anwar Harsono menyampaikan bahwa fasilitas kredit revolving dengan skema multicurrency yang memberikan fleksibilitas bagi LPEI dalam mengelola kebutuhan pembiayaan ekspor sesuai dengan dinamika pasar global.

“Kolaborasi ini mencerminkan komitmen LPEI dan Maybank Indonesia dalam memperkuat daya saing ekspor Indonesia melalui dukungan finansial yang strategis. Kami percaya bahwa sinergi ini akan membuka peluang lebih luas untuk memperkuat ekosistem ekspor yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Anwar.

Kerja sama ini juga menjadi bagian dari sinergi berkelanjutan antara LPEI dan Maybank Indonesia, yang selama ini telah terjalin dalam berbagai bentuk dukungan, mulai dari pendanaan, penjaminan kredit, hingga pengembangan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berorientasi ekspor.

Ricky Antariksa mengatakan bahwa dukungan pembiayaan ekspor ini dilakukan sejalan dengan implementasi Rencana Strategis Maybank Indonesia M25+ yaitu meningkatkan fokus pada pelanggan serta bagian dari program strategis SP7, yaitu Uplift Indonesia. “Sinergi ini merupakan wujud dari komitmen kami dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui ekspor dan penyediaan solusi keuangan berkelanjutan,” katanya.

Anwar berharap, kerja sama ini terus berjalan secara produktif dan memberi dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Kolaborasi ini menjadi fondasi penting untuk sinergi yang lebih luas di masa depan, khususnya dalam memperkuat kapasitas ekspor sebagai bagian dari transformasi ekonomi Indonesia.

“Sepanjang 2024, ekspor Indonesia tercatat mencapai USD264,7 miliar, tumbuh 2,29% dibanding tahun sebelumnya. Dengan  pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,03%, menjadikan sektor ekspor sebagai salah satu pendorong utama pembangunan ekonomi,” pungkas Anwar.