Marketing.co.id – Berita Marketing | Citi Indonesia menutup Global Community Day (GCD) 2025 dengan kompetisi Financial Innovation Challenge yang menampilkan sembilan ide solusi keuangan dari siswa SMA. Agenda ini merupakan bagian dari program edukasi finansial bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI), melibatkan 300 pelajar dari tiga sekolah.
Selama program, siswa diperkenalkan pada konsep keuangan dasar, lalu dibimbing oleh Citi Volunteers sebagai mentor. Puncaknya, mereka menyusun inovasi untuk menjawab persoalan keuangan di komunitas sekitar.

“Program ini bukan sekadar edukasi, tapi pelatihan kepemimpinan finansial. Anak-anak belajar jadi agen perubahan. Dengan pendekatan yang aplikatif, siswa tidak hanya belajar mengelola uang, tetapi juga menciptakan solusi untuk komunitas mereka sendiri.” ujar Robert Gardiner, Academic Advisor PJI.
Kegiatan ini berlangsung di SMA IAS Al-Jannah Depok, SMAN 7 Jakarta, dan SMAN 35 Jakarta, lalu ditutup pada 23 Juni di Pacific Century Place, Jakarta. Hadir pula perwakilan OJK dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta.
Menurut Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia, GCD adalah bentuk nyata komitmen global Citi untuk membangun komunitas yang tangguh secara ekonomi. “Kami percaya, keterampilan finansial remaja hari ini adalah fondasi bagi kemajuan bangsa ke depan,” tegasnya.
Program ini selaras dengan upaya OJK yang menyoroti rendahnya literasi keuangan usia 15–17 tahun, yang hanya 51,70%. Edukasi berbasis pengalaman menjadi pendekatan efektif untuk meningkatkan ketahanan finansial generasi muda.