Wednesday, October 15, 2025
HomePROPERTY & RETAILMural Betawi Mosaic Simbol Revitalisasi Blok M oleh Dulux dan MRT

Mural Betawi Mosaic Simbol Revitalisasi Blok M oleh Dulux dan MRT

[Reading Time Estimation: < 1 minute]

Marketing.co.id – Berita Property | Pengembangan kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Blok M menunjukkan kolaborasi strategis antara sektor swasta dan publik. Salah satu inisiatifnya adalah proyek mural “True Joy” hasil kerja sama PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel/Dulux), PT MRT Jakarta, serta komunitas desain melalui kompetisi Dulux Design Contest

“Program ini merupakan wujud kolaborasi antara Dulux, MRT Jakarta, Ikatan Arsitek Indonesia, dan berbagai pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa serta masyarakat umum,” ujar Yudhy Aryanto, Country Commercial Head AkzoNobel Indonesia, usai meresmikan proyek mural bertema Betawi Mosaic di Terminal Blok M bersama Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, pada Sabtu (24/5/2025).

Proyek mural bertema Betawi Mosaic merupakan pemenang kategori City Project yang dirancang untuk langsung diimplementasikan di ruang publik. “Kami ingin hasil dari kompetisi ini benar-benar bisa diwujudkan untuk memperbaiki dan memperindah ruang kota,” tambah Yudhy.

Menurut Niluh Putu Ayu Setiawati, Head of Marketing, PT ICI Paints Indonesia, warna “True Joy”, dipilih sebagai Colour of the Year 2025, diangkat karena dampak psikologis positifnya terhadap suasana ruang publik. “Warna ini kami pilih berdasarkan riset global sebagai bentuk komunikasi visual di tengah tantangan ekonomi,” ungkapnya saat ditemui MARKETING.

Arkansyah Farras Setiawan, pemenang Dulux Design Competition 2025 untuk kategori city project, mengatakan bahwa desainnya menggabungkan elemen budaya Betawi dan modernitas MRT. “Mozaik ini berisi 64 elemen visual yakni makanan, arsitektur, permainan rakyat, dipadukan dengan simbol kota modern,” jelasnya.

Ia juga menekankan nilai kolaboratif proyek. “Menariknya, salah satu finalis lain juga ikut terlibat dalam pembangunan. Ini menunjukkan semangat komunitas, bukan sekadar kompetisi,” ujarnya.

Ke depan, Dulux berencana melanjutkan program serupa di lokasi MRT lain. “Kami akan terus melibatkan komunitas lokal dalam mendesain ruang-ruang strategis kota,” tutup Yudhy seraya menunjukkan detail-detail warna yang digunakan untuk mural.

RELATED ARTICLES

Most Popular