Marketing.co.id – Berita Digital | Aleph, jaringan global pakar digital yang berfokus pada media dan pembayaran, mengumumkan perluasan kemitraan penjualan global dengan Spotify, layanan streaming audio berlangganan terpopuler di dunia. Kemitraan ini menjadikan Aleph sebagai mitra eksklusif penjualan iklan Spotify di lebih dari 80 negara, membuka akses ke lebih dari 20.000 pengiklan.
Perluasan kerja sama ini menandai langkah besar dalam memonetisasi inventaris iklan Spotify secara efektif dan menghubungkan brand dengan pengiklan. Ini juga akan merampingkan serta meningkatkan skala solusi iklan Spotify di berbagai negara, termasuk Indonesia, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam.
Spotify Advertising telah memodernisasi teknologi iklannya, memperkuat kemitraan, dan memperdalam keahlian sumber daya manusianya. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengiklan dalam membeli, membuat, mengukur, dan mendapatkan hasil yang jelas di platform iklan Spotify. Upaya ini mencerminkan lompatan besar dalam pembelian otomatis dan inovasi kreatif untuk platform iklan, serta industri audio digital yang lebih luas.
Secara khusus, Spotify terus berinovasi dengan platform layanan mandiri, Spotify Ads Manager, dengan kemampuan penargetan yang lebih canggih, solusi baru pengukuran 1P & 3P, dan tujuan berbasis hasil yang baru. Ini semua dirancang untuk membantu pengiklan dari skala kecil hingga besar, menciptakan, mengoptimalkan, dan mengukur kampanye mereka di Spotify. Beberapa fitur baru yang disebutkan termasuk Spotify Pixel, Kustomisasi Audiens, kemitraan utama Pihak Ketiga, dan pemasangan aplikasi bagi pengguna baru.
Aleph telah bermitra dengan Spotify sejak 2013, yang kala itu hanya menjangkau 4 negara. Kemitraan yang baru ditandatangani ini memperluas jejak Aleph secara signifikan di lebih dari 80 negara. Perluasan ini akan membawa rangkaian layanan komprehensif Aleph, termasuk penjualan media lokal, solusi pembayaran, dukungan kreatif, dan otomasi berbasis performa.
Tim Aleph kini memiliki akses penuh ke Spotify Ads Manager, memungkinkan mereka untuk memandu para pengiklan dan agensi memaksimalkan potensi format iklan serta kemampuan penargetan di platform ini. Dengan demikian, pengiklan dapat menjangkau pendengar di momen-momen penting, seperti saat berolahraga, waktu fokus bekerja, dan perjalanan pulang-pergi. Ini memberikan peluang unik bagi pengiklan dan brand untuk terhubung dengan target audiens dengan tingkat engagement tinggi dan membantu mencapai tujuan pemasaran mereka.
Penggunaan Spotify Ads Manager melalui Aleph menawarkan beberapa keuntungan utama bagi pengiklan, salah satunya akses ke format iklan Spotify, dimana pengiklan dapat memanfaatkan format audio dan video unik Spotify untuk merancang kampanye yang menarik. Baru-baru ini, Spotify meluncurkan format iklan baru yang tersedia di Ads Manager, termasuk Canvas dan Opt-in Video. Kedua format ini menggagas ulang bentuk iklan yang sudah ada di Spotify dan bagaimana pengiklan dapat berinteraksi dengan audiens, melalui visual dan suara.
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Spotify dalam skala global. Komitmen bersama kami terhadap inovasi dan memberikan nilai luar biasa bagi pengiklan menjadikan ini sebagai kemitraan yang alami,” ujar ungkap Pieter-Jan de Kroon, APAC Managing Director Aleph.
Senada dengan itu, Sam Bevan, Global Head of Emerging & Scaled, Spotify, menambahkan, “Seiring dengan pengembangan bisnis periklanan kami, saya sangat gembira menginformasikan bahwa kami telah bermitra dengan Aleph untuk merampingkan operasi kami, menawarkan solusi yang lebih baik kepada pengiklan dan memperluas bisnis kami secara efisien. Dengan peluncuran solusi otomasi kami yang lebih canggih dan jaringan global Aleph yang luar biasa, serta keahlian lokal yang mendalam, kami kini dapat menawarkan tools dan sumber daya baru yang akan membantu untuk mencapai tujuan dari kampanye para pengiklan di penjuru dunia.”
Kemitraan ini menjadikan Aleph sebagai mitra penjualan eksklusif untuk Spotify di berbagai negara, termasuk Austria, Belgia, Irlandia, Afrika Selatan, Swiss, Polandia, Turki, Arab Saudi, Vietnam, Thailand, Indonesia, Argentina, Chili, Kolombia, Peru, Korea Selatan, dan banyak lagi.