Digital Marketing: 3 Cara Sederhana Agar Bujet Marketing Tak Terbuang Percuma 

0
Marketing Technology
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing Technology, digital marketing, budget marketingJika sebagian besar bujet digital marketing Anda terbuang sia-sia, dalam artikel ini Anda akan menemukan 2 cara sederhana untuk mengubahnya.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Jika Anda ingin mengetahui kenapa bujet pemasaran digital yang sudah dikeluarkan tidak menghasilkan penjualan yang maksimal. Jawabannya bisa jadi karena strategi yang digunakan selama ini hanya berhasil menarik perhatian sesaat, tanpa mendorong prospek untuk membeli.

Kenapa banyak strategi digital marketing gagal?

Banyak bisnis yang menggunakan taktik digital marketing seperti iklan di Google dan Meta. Tapi, biaya per klik (CPC) terus meningkat. Tahun 2024 saja, CPC Google naik 13%, sementara biaya iklan Meta meningkat 10%.
Artinya, setiap klik yang dibeli harus benar-benar menghasilkan dampak. Bukan sekadar kunjungan kosong ke situs. Masalah utamanya mungkin website yang Anda miliki tidak cukup mengonversi pengunjung menjadi prospek atau pelanggan.
Dalam artikel ini kami akan mengungkap 3 strategi digital marketing efektif yang bisa Anda terapkan langsung seperti kami kutip dari Inc.

1. Tingkatkan Konversi Website Anda 

Conversion rate atau tingkat konversi adalah persentase pengunjung website yang melakukan tindakan tertentu seperti mengisi formulir, menelepon, atau membeli produk. Rata-rata tingkat konversi global hanya sekitar 3,68%. Artinya, dari 100 pengunjung, hanya 3-4 orang yang menjadi prospek.
Bayangkan jika Anda bisa meningkatkan angka ini hingga 50%! Dengan biaya yang sama, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Tips Meningkatkan Konversi Website:

  • Gunakan pop-up penawaran: Tawarkan diskon atau hadiah gratis untuk mendapatkan nama dan email.
  • Jangan minta terlalu banyak informasi: Hanya minta nama dan email, karena permintaan nomor telepon bisa menurunkan konversi hingga 47%.
  • Formulir di setiap halaman: Sediakan formulir di berbagai bagian situs agar mudah diakses.

2. Manfaatkan CRM untuk Follow-Up Otomatis dan Personal

CRM atau Customer Relationship Management adalah alat penting untuk mengelola prospek dan menjaga hubungan dengan calon pelanggan. Ada banyak sekali keuntungan menggunakan CRM, di antaranya menyimpan data prospek secara sistematis, mengatur otomatisasi email follow-up, mengirim pengingat untuk follow-up melalui telepon, dan integrasi dengan platform pengiriman direct mail.
Dengan CRM, Anda bisa mengatur agar sistem mengirimkan email, SMS, atau bahkan kartu pos otomatis setelah seseorang mengunjungi website atau menerima penawaran. Studi menunjukkan bahwa penggunaan CRM bisa meningkatkan tingkat konversi hingga 300%.

3: Taktik Retargeting Offline

Selain retargeting digital, Anda kini bisa melakukan retargeting langsung melalui surat pos. Teknologi baru memungkinkan Anda mencocokkan alamat IP pengunjung website dengan alamat fisik mereka, lalu mengirimkan kartu pos personal dalam 24–48 jam.
Strategi digital marketing ini akan sangat efektif karena dapat meningkatkan kepercayaan terhadap surat fisik jauh lebih tinggi (76%) dibanding iklan digital (43%). Promosi melalui direct mail juga 70% lebih mudah diingat oleh konsumen.
So, untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi digital marketing, Anda harus mengoptimalkan website agar lebih banyak pengunjung menjadi prospek, menggunakan CRM untuk mengelolanya dan menindaklanjuti prospek secara otomatis dan personal.
Dengan menerapkan strategi digital marketing ini, Anda bisa meningkatkan hasil pemasaran tanpa harus menambah anggaran secara besar-besaran.