Marketing.co.id – Berita Marketing | Pixel Group, salah satu pemimpin industri periklanan media luar ruang (Out-of-Home/OOH), kembali menunjukkan inovasi terbarunya dengan mengumumkan kerjasama strategis dengan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). Kolaborasi ini bertujuan untuk menciptakan ekosistem media luar ruang pertama pada moda transportasi cepat di Asia Tenggara, yaitu Kereta Cepat Whoosh, yang mengintegrasikan teknologi berbasis data real-time dan kreativitas untuk menghadirkan pengalaman iklan yang lebih inovatif dan interaktif.
Dalam kerjasama ini, teknologi modern diterapkan secara menyeluruh di titik lokasi media luar ruang Whoosh—mulai dari keempat stasiun, area tunggu, hingga di dalam kereta. Pendekatan ini menciptakan solusi komunikasi yang tidak hanya menyediakan ruang iklan premium, tetapi juga mengoptimalkan interaksi dengan audiens secara real-time dan relevan. Melalui pemanfaatan konten dinamis yang disesuaikan berdasarkan data perilaku dan tren audiens, Pixel Group menghadirkan kampanye iklan yang lebih efektif dan terukur.
David Leong, Direktur Pixel Group, menyampaikan, “Kolaborasi ini membuktikan bahwa industri periklanan luar ruang telah memasuki era baru, di mana pemanfaatan teknologi menjadi kunci penting dalam menciptakan pengalaman komunikasi yang lebih interaktif dan relevan bagi pengguna transportasi publik. Kami optimis dengan dukungan infrastruktur KCIC dan solusi layanan kami dapat meningkatkan efektivitas iklan serta memberikan nilai tambah yang signifikan bagi brand dan klien.”
KCIC, selaku pengelola dan operator Whoosh, terus berkomitmen untuk mengembangkan potensi bisnis non-farebox (pendapatan di luar tiket), guna memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan layanannya. Hingga kini, Whoosh telah mengangkut sekitar 8 juta penumpang, dengan rata-rata 24.000 penumpang per hari, serta 62 perjalanan per hari yang menjadikan transportasi ini semakin efisien dan sering digunakan oleh masyarakat.
Peningkatan volume penumpang yang signifikan ini membuka peluang besar bagi KCIC untuk menerapkan berbagai program periklanan dan menghadirkan Whoosh sebagai media iklan yang potensial, dengan jangkauan audiens yang luas dan beragam.
Dwiyana Slamet Riyadi, Direktur Utama KCIC, mengatakan, “Hingga saat ini, KCIC telah menyediakan lebih dari 627 titik media iklan, yang meliputi LED, Lightbox, TV kereta, in-train branding, dan berbagai media lainnya di stasiun dan kereta. Selain itu, kami juga menyediakan media placement di area integrasi antarmoda seperti entrance hall LRT Halim dan lokasi strategis lainnya. Lebih dari 80 brand dari sektor perbankan, otomotif, kuliner, pariwisata, perhotelan, agen tiket, hingga FMCG telah memanfaatkan jaringan media kami.”
Tidak hanya fokus pada iklan, KCIC juga mengembangkan sektor bisnis non-farebox lainnya seperti pengelolaan area parkir, penyewaan lokasi usaha untuk retail, hak penamaan stasiun, serta penyewaan area untuk pameran produk. Hingga kini, lebih dari 150 tenant telah bekerja sama dengan KCIC, termasuk 103 UMKM yang difasilitasi untuk membuka usaha di stasiun Whoosh.
Dengan sinergi strategis ini, Pixel Group dan KCIC optimis dapat membawa industri periklanan luar ruang ke tingkat yang lebih tinggi, memberikan dampak positif bagi para pengiklan, serta memperkaya pengalaman penumpang dengan layanan transportasi cepat yang modern dan terintegrasi.
David Leong menambahkan, “Kami saat ini tengah mengeksplorasi lebih jauh potensi lokasi di kereta dan sepanjang perjalanan Whoosh untuk mengoptimalkan pengalaman penumpang yang lebih menarik dan relevan. Melalui kolaborasi dengan pengelola transportasi publik lainnya seperti LRT Jadebek dan TransJakarta, kami dapat membantu brand dan klien mengoptimalkan titik lokasi di area-area strategis.”