Marketing.co.id – Berita Financial Services | PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) kembali menyelenggarakan acara tahunan yang kini memasuki tahun keenam yakni BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Digelar pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City Nusantara Hall 5, 6, dan 7, acara ini mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach”, yang mencerminkan strategi BRI dalam mendorong UMKM Indonesia untuk memperluas jangkauan ke pasar internasional.
Menurut Direktur Utama BRI Sunarso, tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia, membantu mereka naik kelas, dan menciptakan peluang ekspor produk unggulan ke pasar global. Dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta pada 24 Januari 2025, Sunarso menegaskan, “Dengan membuka akses UMKM ke pasar global, kita dapat menciptakan lebih banyak lapangan kerja produktif, meningkatkan daya saing Indonesia, serta memperkuat perekonomian nasional.”

Komitmen BRI terhadap pemberdayaan UMKM tercermin dalam berbagai program seperti Rumah BUMN, BRIncubator, dan Pengusaha Muda Brilian, yang berpuncak pada acara BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Tahun ini, antusiasme pelaku UMKM sangat tinggi dengan jumlah pendaftar mencapai 3.006 UMKM. Setelah proses seleksi ketat yang berlangsung dari 4 November hingga 7 Desember 2024, sebanyak 1.000 UMKM unggulan berhasil terpilih untuk memamerkan produk mereka dalam lima kategori utama:
- Home Decor & Craft: 153 UMKM
- Food & Beverage: 358 UMKM
- Accessories & Beauty: 181 UMKM
- Fashion & Wastra: 273 UMKM
- Healthcare & Wellness: 35 UMKM
BRI UMKM EXPO(RT) telah menjadi katalis pertumbuhan UMKM di pasar internasional. Pada 2023, acara ini mencatatkan nilai kesepakatan bisnis sebesar USD 81,3 juta, melibatkan 86 buyers dari 30 negara. Angka tersebut terus meningkat sejak penyelenggaraan pertama pada 2019, yang hanya mencatat USD 33,5 juta dari 16 buyers di 7 negara. Berikut pencapaian lainnya:
- 2020: USD 57,5 juta (26 buyers dari 11 negara)
- 2021: USD 72,1 juta (32 buyers dari 14 negara)
- 2022: USD 76,7 juta (43 buyers dari 20 negara)
Selain itu, acara ini juga menggelar BRI Microfinance Outlook 2025, seminar internasional dengan tema “Empowering the People’s Economy: A Pillar for Achieving Inclusive and Sustainable Growth”. Seminar ini menghadirkan narasumber ternama, seperti:
- Sri Mulyani (Menteri Keuangan RI)
- Rachmat Pambudy (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI)
- Albert Francis Park (Chief Economist, Asian Development Bank)
- Paul Romer (Penerima Nobel Ekonomi)
- Harsha Rodrigues (Women’s World Banking)
Dukungan Teknologi untuk UMKM
Diana Nazir, seorang desainer interior dan kurator, menyampaikan apresiasinya terhadap ekosistem digital BRI. “Ekosistem seperti BRImo dan Qlola sangat membantu pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis mereka sehari-hari,” ujarnya. Hal senada diungkapkan Dimas Wibisono, Direktur Operasional Djalin Design. “Transaksi kami menjadi lebih mudah dan lancar, sehingga kami bisa fokus mengembangkan produk dan memperluas jaringan pasar,” tambahnya.
Dengan kombinasi pameran produk unggulan, diskusi strategis, dan dukungan teknologi, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 diharapkan menjadi pilar penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.