Chatbot AI menjadi salah satu fitur yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia saat berbelanja online
Marketing.co.id – Berita Digital | Momentum liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendorong peningkatan aktivitas belanja online, dengan masyarakat berbondong-bondong mencari hadiah natal hingga barang-barang untuk menyongsong tahun baru.
Menyambut peningkatan minat belanja online ini, platform eCommerce terus berinovasi untuk mengoptimalkan pengalaman belanja pelanggan. Tak hanya pesta diskon, platform eCommerce, termasuk Lazada juga menawarkan berbagai layanan berbasis teknologi mutakhir, seperti penggunaan Artificial Intelligence (AI), untuk memberikan pengalaman berbelanja terbaik.
Riset Kantar bersama Lazada berjudul “Artifical Intelligence Adoption in eCommerce in SEA” menunjukkan bahwa 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% percaya AI mampu merekomendasikan produk yang paling relevan bagi mereka. Laporan yang sama juga menunjukkan bahwa masyarakat telah menggunakan berbagai fitur berbasis AI, dengan 54% mengaku telah familiar dengan fitur chatbot AI.
Tak bisa dipungkiri bahwa fitur chatbot AI merupakan fitur kunci untuk membantu pelanggan memilih hadiah akhir tahun yang diinginkan. Apalagi pada momentum spesial seperti Natal dan Tahun Baru yang selalu menjadi waktu yang pas untuk bertukar atau memberikan hadiah.
Yuk, simak beberapa tips manfaatkan fitur AI untuk belanja online yang lebih cerdas di bawah ini.
Cari Inspirasi dengan Bantuan Chatbot AI
Anda pernah merasa butuh suatu barang tapi lupa namanya? Serahkan pada AI! Di aplikasi Lazada, Amda bisa pakai AI Lazzie melalui fitur Pesan+ yang siap jadi asisten belanja pribadi Anda. Cukup deskripsikan produk yang Anda bayangkan dan biarkan AI membantu menemukannya. Sekarang, Anda bisa cari inspirasi, sekaligus mendapatkan barang yang diinginkan hanya di satu aplikasi saja!
Tulis Deskripsi yang Spesifik untuk Hadiah yang Lebih Personal
Bosan ngasih kado Natal yang itu-itu aja? Coba tanya AI Lazzie untuk rekomendasi hadiah yang lebih personal dan berkesan buat orang-orang tersayang. Misalnya, Anda bisa ketik “kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game” atau “hadiah untuk pasangan yang populer”. AI Lazzie di Pesan+ akan memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria yang disebutkan. Semakin spesifik, semakin jitu rekomendasinya!
Terus Tanya dan Kasih Prompt Baru!
Kalau rekomendasi yang diberikan AI belum sesuai dengan yang diharapkan, jangan ragu memberikan prompt atau deskripsi baru yang lebih jelas. Seperti AI pada umumnya, AI Lazzie juga terus belajar dan berkembang berkat input dari pengguna. Karenanya, kontribusi Anda sangat berharga untuk meningkatkan kemampuannya.
Misalnya, Anda butuh lebih banyak informasi tentang “rekomendasi sepatu wanita”, Anda bisa tambahkan kata kunci lain, seperti “sepatu olahraga wanita terbaik” atau “sepatu pesta di bawah Rp300 ribu”. Semakin banyak input yang diberikan, makin mudah juga AI menemukan barang yang diinginkan!
Pantau Promo dan Diskon Kilat!
Tidak hanya memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, AI Lazzie melalui Pesan+ juga akan ingetin berbagai penawaran menarik, termasuk diskon-diskon kilat yang bisa dipakai. Jadi, Anda nggak perlu FOMO (Fear of Missing Out) kehilangan kesempatan untuk dapetin harga terbaik. Biar nggak ketinggalan flash sale dan diskon dadakan, jangan lupa aktifkan notifikasi dari aplikasi juga, ya!
Gak Cocok sama Produknya? Coba Fitur Return & Refund
Meski sudah pastikan deskripsi produk, penilaian toko, sampai ulasan pelanggan, kadang kala produk yang datang tidak sesuai dengan yang ekspektasi. Tapi, jangan panik! Anda bisa manfaatkan fitur Return & Refund untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli. Jangan lupa, asisten belanja pribadi Anda juga bisa bantu menavigasi proses pengembalian barang sampai selesai lewat Pesan+!
Penerimaan masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap inovasi teknologi, khususnya AI, membuka kesempatan yang luas bagi pengembangan dan penerapannya di berbagai sektor. Lazada, sebagai salah satu platform eCommerce di Indonesia berkomitmen untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi AI untuk memberikan pengalaman belanja terbaik bagi pelanggan.